KPU Kalteng Targetkan Cetak Ulang Surat Suara Tiga Hari

id KPU Kalteng Targetkan Cetak Ulang Surat Suara Tiga Hari, Cetak Ulang Kertas Suara Pilgub Tiga Hari, Sekretaris KPU Kalteng Rigumi, KPU Kalteng

KPU Kalteng Targetkan Cetak Ulang Surat Suara Tiga Hari

Ilustrasi, Pelipatan surat suara di KPU Palangka Raya. (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

...karena kondisinya mendesak maka dipercepat menjadi tiga hari
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Komisi Pemilihan Umum Kalimantan Tengah menargetkan cetak ulang hingga penyortiran, pelipatan dan pengepakan kertas suara pasca pembatalan pasangan Ujang Iskandar-Jawawi di pemilihan Gubernur harus sudah selesai tiga hari dan akan langsung didistribusikan ke seluruh Kabupaten/Kota.

Seharusnya cetak ulang kertas suara sebanyak 2.007.784 itu membutuhkan waktu enam hari namun karena kondisinya mendesak maka dipercepat menjadi tiga hari, kata Sekretaris KPU Kalteng Rigumi di Palangka Raya, Rabu.

"Kertas suara Pilgub Kalteng yang hanya diikuti dua pasangan cagub/cawagub mulai hari ini sudah di cetak. Kalau sudah 30 persen selesai di cetak, kita meminta langsung didistribusikan ke KPU Kabupaten/Kota," ucapnya.

Awalnya KPU Kalteng menargetkan kertas suara sudah selesai dicetak dan di distribusikan ke seluruh Kabupaten/Kota tanggal 23 November 2015, namun karena KPU RI membatalkan pencalonan nomor urut tiga Ujang-Jawawi pada 19 November 2015, terpaksa dijadwal ulang dan mengalami penundaan hampir dua pekan.

Rigumi mengatakan, kertas suara Pilgub Kalteng yang awalnya diikuti tiga pasang cagub/cawagub sempat tercetak sepertiga 2.007.784 atau sekitar Rp193 juta dari nilai kontrak Rp946 juta.

"Walau kertas suara dicetak ulang, kami tetap optimis tidak akan menghambat pelaksanaan Pilgub Kalteng pada 9 Desember 2015. Pihak percetakan juga kan menyatakan kesiapannya menyelesaikan cetak ulang tiga hari. Tidak ada masalah," tegas Rigumi.

Sebelumnya, Ketua KPU Kalteng Ahmad Syar`i mengaku telah menyusun skenario mempercepat pendistribusian kertas suara pasca pembatalan Ujang-Jawawi akan dilakukan melalui empat titik, yakni Kota Palangka Raya, Pangkalan Bun, Sampit, dan Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan.

Dia mengatakan, kertas suara Pilgub Kalteng dicetak di Kabupaten Kudus Provinsi Jawa Tengah berdasarkan hasil lelang yang dilakukan KPU bersama Biro Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (LPBJ) Sekretariat Daerah (Setda) Kalteng.

"Semoga skenario yang telah disusun tidak ada masalaha di lapangan, sehingga awal Desember 2015 sesuai harapan kita sudah siap edar dari titik kabupaten ke seluruh TPS," demikian Syar`i.

Pilgub Kalteng yang dilaksanakan 9 Desember 2015 diikuti dua pasang, cagub/cawagub Kalteng, yakni nomor urut satu Sugianto Sabran berpasangan dengan Habib H Said Ismail dan nomor urut dua Willy M Yoseph berpasangan dengan Wahyudi K Anwar.