Sukamara Sosialisasikan RSUD Menuju Sistem BLUD

id RSUD sukamara, BLUD, Asisten II Setda Sukamara, Donald Simanjuntak

Sukamara Sosialisasikan RSUD Menuju Sistem BLUD

Direktur RSUD Sukamara Eflin NM Sianipar (kiri) ikut serta dalam sosialisasi RSUD untuk menuju penerapan sistem badan layanan umum daerah (BLUD). (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antara Kalteng) - Asisten II Setda Sukamara Donald Simanjuntak mengatakan kesehatan merupakan salah satu unsur penting dalam pembangunan di suatu daerah, karena itu pelayanan kesehatan di daerah, khususnya rumah sakit umum daerah (RSUD) harus ditingkatkan.

"Saya yakin untuk meningkatkan Pelayanan yang bermutu dan terjangkau, Pemerintah Daerah Sukamara mensosialisasikan RSUD Sukamara menuju Badan layanan Umum Daerah (BLUD)," kata Donald saat membuka Sosialisasi BLUD di Sukamara. Kamis.

Menurutnya, pemerintah terus mengupayakan dan berusaha untuk menyehatkan seluruh penduduk Sukamara, baik dengan cara mencegah maupun dengan mengobati dan tentu hal ini perlu adanya sarana dan prasarana serta sumber daya yang mencukupi.

Selain itu rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan masyarakat dengan karakteristik tersendiri yang harus tetap meningkatkan pelayanan yang bermutu dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Untuk peningkatan mutu pelayanan kesehatan yang paripurna tersebut meliputi promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif maka RSUD kabupaten Sukamara perlu meningkatkan SDM dan sarana serta prasarana yang mendukung.

Dikatakannya, RSUD Sukamara juga memerlukan dukungan dari berbagai pihak untuk menjadi badan layanan umum daerah dan menerapkan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum daerah sesuai dengan Permendagri nomor 61 tahun 2007. Dimana, dalam pengelolaan keuangan badan layanan umum daerah memberikan fleksibilitas berupa keleluasaan untuk menerapkan praktik-praktik bisnis yang sehat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Untuk menjadi badan layanan umum daerah dan menerapkan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum daerah ini bukanlah hal yang mustahil, namun tentu saja perlu kerja keras dan upaya yang sungguh-sungguh dalam mewujudkannya," terang Donald

"Yang terpenting adalah persiapan-persiapan meliputi pola tata kelola, rencana strategis bisnis, standar pelayanan minimal dan laporan keuangan pokok atau proyeksi laporan keuangan. hal ini perlu dipersiapkan agar dalam pelaksanaan nantinya tidak terjadi kendala dan masalah," jelas Donald.

Lanjutnya pula, dalam persiapan ini rumah sakit umum daerah serta pihak terkait diharapkan dapat memahami secara benar teknis dalam mengimplentasikan penerapan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum daerah ini nantinya sehingga dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di kabupaten sukamara.

Sementara itu Direktur RSUD Sukamara Eflin NM Sianipar mengatakan sosialisasi merupakan salah satu tahapan untuk menuju BLUD, dan dengah PPK BLUD, RSUD Sukamara akan diberikan fleksibilitas dalam pemngelolaan keuangan sehingga tidak ada lagi kendala  dalam pemberian layanan kepada pasien serta meminimalkan keluhan masyarakat yang berkaitan dengan pelayanan rumah sakit.

"Tujuan dari kegiatan sosilisasi ini untuk memberikan informasi dan pengetahuan tentang penerapan BLUD bagi RSUD Sukamara serta diperolehnya kesepakatan, kesamaan pemahaman dan pandangan tentang BLUD sehingga RSUD dapat menerapkan sistem BLUD dengan baik. Untuk sosialisasi ini diikuti sebanyak 100 orang peserta," terang Eflin.