34 Sekolah Tanam Ribuan Pohon Bernilai Ekonomi

id BLHK Palangka raya, pohon tanjung, pohon ketapang

34 Sekolah Tanam Ribuan Pohon Bernilai Ekonomi

ist (ilustrasi)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Sedikitnya 34 sekolah di wilayah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah pada Jumat menanam ribuan bibit pohon bernilai ekonomi dalam pekarangan lembaga pendidikan tersebut.

"Ke-34 sekolah itu mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA dan rata-rata setiap sekolah menanam 100 batang bibit pohon," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota, Rawang di sela kegiatan menanam pohon di SDN 1 Langkai, Palangka Raya, Jumat.

Sekolah yang menerima bibit tidak hanya dalam kota tapi juga daerah pinggiran yang dikoordinasi oleh camat dan lurah. Bibit pohon yang ditanam jenis peneduh di antaranya ketapang, tanjung, sedang jenis buah ada bibit pohon mangga dan rambutan.

"Rambutan dan mangga mendapat lima batang setiap jenis pohon, sementara seperti ketapang dan tanjung masing-masing sekolah mendapat 30 bibit per jenis pohon," kata Rawang.

Penanaman ribuan pohon yang dilakukan di berbagai sekolah itu dikaitkan dengan peringatan Hari Menanam Pohon.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio menerangkan seluruh bibit yang ditanam itu merupakan pemberian Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan "Kota Cantik" Palangka Raya.

Ia mengatakan, penanaman bibit tersebut sebagai upaya pelestarian lingkungan di dunia pendidikan sehingga jika didukung kondisi yang nyaman siswa lebih betah dan semangat dalam bersekolah.

"Pohon peneduh itu agar siswa tidak merasa gerah saat di sekolah. Selain itu agar sekolah juga dirasakan sebagai tempat wisata alternatif," kata pria nomor dua di ibu kota Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai" itu.

Melalui program ini, Mofit berharap sekolah dapat memberikan layanan pendidikan berbasis lingkungan yang semakin baik. Selain itu seluruh siswa, guru dan masyarakat agar bersama-sama dapat menjaga kelestarian lingkungan.