Cagub Kalteng Simpati Kepada Ujang-Jawawi Yang Dibatalkan Pencalonannya

id pilkada kalteng, ujang-jawawi, KPU kalteng, willy-wahyudi, sugianto-habib

Cagub Kalteng Simpati Kepada Ujang-Jawawi Yang Dibatalkan Pencalonannya

Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah nomor urut satu Sugianto Sabran - Habib H Said Ismail, nomor urut dua Willy M Yoseph - M Wahyudi K Anwar mengikuti debat terbuka tahap dua di Aula Kerucut Polda Kalteng, Palangka Raya, Sabt

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Calon Gubernur/Wakil Gubernur Kalimantan Tengah nomor urut satu Sugianto Sabran berpasangan dengan Habib H Said Ismail dan pasangan nomor urut dua Willy M Yoseph-Wahyudi K Anwar bersimpati terhadap pasangan Ujang Iskandar-Jawawi yang dibatalkan pencalonannya oleh Komisi Pemilihan Umum RI.

Cagub Kalteng Sugianto Sabran usai debat cagub tahap dua di Palangka Raya, Sabtu, mengatakan sebagai sahabat tentu sangat sedih dengan pembatalan tersebut namun karena ini negara hukum tentunya semua pihak harus mematuhinya.

"Pembatalan pencalonan Ujang-Jawawi kan tidak juga menguntungkan saya. Fakta di lapangan, saya kan tetap harus bergerak mengajak dan meyakinkan masyarakat agar memilih saya. Jadi saya tidak bahagia Ujang-Jawawi di batalkan. Sebagai sahabat, saya justru bersimpati," tambahnya.

Mengenai adanya gugatan pasangan nomor urut ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menjadi penyebab batalnya Ujang-Jawawi, menurut Sugianto bukan untuk menjatuhkan pihak manapun melainkan upaya memperjuangkan apa yang menjadi haknya.

Dia mengatakan rekomendasi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) versi Djan Faridz secara jelas diberikan kepada Sugianto/Habib, namun KPU Kalteng tidak menganggapnya, sehingga sebagai pihak dirugikan tentunya menuntut kebenaran dan memperjuangkan berdasarkan peraturan yang berlaku.

"Kalau saja KPU Kalteng tidak menghilangkan hak kami sebagai pihak yang didukung PPP versi Dzan Fariz, tentunya pengajuan gugatan tidak perlu dilakukan. Tapi, kami tetap bersimpati dengan batalnya pencalonan Ujang-Jawawi," demikian Sugianto.

Pasangan cagub/cawagub Kalteng nomor urut dua Willy M Yoseph-Wahyudi K Anwar juga bersimpati dan mendorong agar pasangan Ujang-Jawawi memperjuangkan apa yang menjadi haknya di Pilkada Kalteng. Apabila kondisinya tidak juga bisa ikut berkompetisi dalam Pilkada pada 9 Desember 2015, pihaknya mengajak Ujang-Jawawi bergabung dengan pasangan Willy-Wahyudi.

Willy mengatakan visi-misi serta program yang digagas Ujang-Jawawi sangat baik untuk kemajuan Kalteng, sehingga apabila Willy-Wahyudi dipercaya masyarakat untuk memimpin Kalteng lima tahun kedepan, pasti juga akan melaksanakannya sesuai harapan dari relawan maupun pendukung pasangan yang dibatalkan KPU RI itu.

"Tapi, kami tetap menyarankan agar Ujang-Jawawi tetap memperjuangkan apa yang menjadi haknya. Kalau kondisinya tetap tidak memungkinkan, kami mengajak Ujang-Jawawi maupun para relawan dan pendukung bergabung dengan Willy-Wahyudi demi kemajuan Kalteng," demikian Willy.