Demam Berdarah Mulai Muncul Di Kotawaringin Timur

id Demam Berdarah Mulai Muncul Di Kotawaringin Timur, Kepala Dinas Kesehatan Kotawaringin Timur, dr Faisal Novendra Cahyanto

Demam Berdarah Mulai Muncul Di Kotawaringin Timur

Ilustrasi, Jenis nyamuk demam berdarah Aedes Aegypti. (Istimewa)

Sampit (Antara Kalteng) - Penyakit demam berdarah dengue mulai muncul di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah sehingga menjadi perhatian serius pemerintah daerah agar tidak sampai mewabah.

"Selama bulan November ini sudah ada lima kasus DBD. Semua ditangani dengan baik. Ada yang dirawat jalan dan ada juga yang sempat dirawat di Rumah Sakit Murjani," kata Kepala Dinas Kesehatan Kotawaringin Timur, dr Faisal Novendra Cahyanto di Sampit, Minggu.

Untuk mencegah demam berdarah mewabah, pihaknya melakukan pengasapan di seluruh permukiman di Sampit, dimulai di kawasan-kawasan endemis penyakit mematikan ini. Saat ini pengasapan atau fogging masih berlangsung dan diharapkan seluruh wilayah di Sampit bisa tersentuh pengasapan.

Kegiatan pengasapan ini merupakan langkah pencegahan dengan cara menyemprotkan racun untuk membunuh nyamuk. Faisal meminta masyarakat mendukung upaya pencegahan ini dengan mempersilakan petugas mengasapi permukiman dan rumah warga agar nyamuk aedes aegypti yang menularkan demam berdarah tersebut bisa mati.

"Pengasapan hanya mampu membunuh nyamuk dewasa. Untuk itu perlu peran masyarakat memberantas sarang dan jentik nyamuk dengan cara menguras dan membersihkan tempat penampungan air, serta mengubur sampah yang dapat menampung air tempat berkembangbiaknya nyamuk," imbau Faisal.

Kewaspadaan pemerintah daerah dan masyarakat sangat beralasan mengingat Kotawaringin Timur merupakan salah satu daerah endemis demam berdarah. Hampir tiap tahun ada penderita demam berdarah meninggal dunia. Pencegahan merupakan langkah tepat agar penyakit mematikan itu tidak sampai mewabah.

Kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan, sangat penting dan harus terus didorong. Kebersihan lingkungan dan menjalankan pola hidup sehat dapat membantu mencegah munculnya berbagai penyakit.