Dua Pertiga Kekuatan Polres Sukamara Siap Amankan Pilkada

id pilkada kalteng, polres sukamara, bupati sukamara

Dua Pertiga Kekuatan Polres Sukamara Siap Amankan Pilkada

Kapolres Sukamara AKBP Heri Sulistyo Bs SiK saat menyerahkan perlengkapan pengamanan kepada opersonil Polres Sukamara. (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antara Kalteng) - Kapolres Sukamara AKBP Heri Sulistyoa BS SiK mengatakan untuk melakukan pengamanan Pilkada di wilayah hukum Polres Sukamara, pihaknya siap menurunkan 2/3 kekuatan atau 180 personil  di lima kecamatan di Kabupaten Sukamara.

"Personil yang akan diturunkan pada pengamanan Pilkada pada 9 desember 2015 mendatang sebanyak 180 personil atau 2/3 kekuatan yang ada, dan ini mneyebar di setiap TPS di lima Kecamatan yang ada," kata Heri selesai gelar pasukan Operasi mantap praja Telabang di Mapolres Sukamara. Selasa.

Hadir pada gelar pasukan tersebut Bupati Sukamara, H Ahmad Dirman, Ketua DPRD Sukamara Edi Alrusnadi, FKPD, ketua Panwaslu dan KPU Kabupaten Sukamara.

Dalam pengamanan, menurut Heri, pihak Polres telah melakukan pengecekan-pengecekan berbagai sarana dan prasarana pengamanan untuk pesta demokrasi Provinsi Kalimantan Tengah.

"Saat ini masih dalam tahapan kampanye dan beberapa hari lagi masa tenang, karena itu pengamanan akan semakin ditingkatkan hal ini sebagai komitmen kami untuk menjaga keamanan selama pesta demokrasi ini berlangsung," kata Heri.

Menurutnya, dalam melakukan pengamanan  di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Kepolisian akan menempatkan satu orang personil untuk melakukan pengamanan yang juga dibantu oleh anggota Linmas dari Badan Kesbangpolinmas Sukamara.

Selain itu, dalam pengamanan pilkada dilakuan sistem distrik, oleh karena itu untuk TPS yang dirasa rawan polres mendapat back-up dari Polda, yang saat ini berada di Pangkalan Bun. Namun jika sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti rusuh, maka langsung diterjunkan ke Sukamara.

Dikatakannya, pasca kejadian terbakarnya Kantor KPU Provinsi Kalimantan Tengah, Polres Sukamara akan lebih ketat melakukan penjagaan dan menambah personil pengamanan terhadap kantor KPU, yang bertujuan untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan seperti tindakan anarkis atau hal lainnya.

"Dari awal kita sudah melakukan pengamanan, namun dengan kejadian belakangan di Provinsi, kita mempertebal lagi pengamanan di Kantor KPU, karena ini momen kita untuk melakukan pengamanan sebagai antisipasi kita tingkatkan pengamanan baik itu preventif dan preemtifnya,” terang Heri.

"Saya mengajak seluruh masyarakat Sukamara untuk ikut menyukseskan gelaran pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimnatan Tengah, sebagai bentuk rasa cinta terhadap Kalteng dan Bangsa Indonesia," pintanya.