Bupati : ASN Harus Sadar Diri Sebagai Pelayan Masyarakat

id Bupati Kotim, ASN Harus Sadar Diri, Pelayan Masyarakat, Hari Kesadaran Nasional,

Bupati : ASN Harus Sadar Diri Sebagai Pelayan Masyarakat

Penjabat Bupati Kotawaringin Timur, Godlin. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Aparatur sipil negara atau pegawai negeri sipil di Kabupaten Kotawaringin Timur, diingatkan untuk sadar diri sebagai abdi negara yang diberi tugas utama melayani masyarakat, bukan malah minta dilayani.

"Aparatur sipil negara harus menyadari diri sebagai abdi negara. Wujudkan pelayanan yang prima bagi masyarakat. ASN harus memahami tugas dan perannya dengan baik, disiplin tinggi dan dedikasi dalam memberi pelayanan kepada masyarakat," tegas Penjabat Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Godlin di Sampit, Selasa.

Pesan itu disampaikannya saat peringatan Hari Kesadaran Nasional, HUT ke-44 Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia, Hari Guru Nasional ke-21, Hari AIDS Sedunia, Hari Kesehatan Nasional ke-51, Hari Menanam Pohon Indonesia, Bulan Menanam Nasional, Hari Cipta Puspa dan Satwa Nasional Tingkat Kabupaten Kotim.

Seorang ASN harus menyadari tugasnya sebagai pelayan masyarakat. Semua kegiatan yang dijalankan harus berdampak positif dan membawa manfaat bagi masyarakat luas.

Secara organisasi, ASN yang berhimpun dalam Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia, mempunyai kewajiban meningkatkan kemampuan diri. Percepatan reformasi birokrasi harus dilakukan di semua tingkatan, tanpa basa basi, disertai terobosan dan inovasi baru, ketatata laksanaan serta akuntabilitas.

ASN harus membangun mental positif yang berintegritas dan menjalankan gotong royong. Pelaksanaan pemerintahan menjalankan sistem birokrasi dinamis, inovatif dan responsif.

"Semua aparatur birokrasi harus menjadi penggerak motivasi nasional. Harus bisa menjadi teladan bagi masyarakat," kata Godlin.

Dia juga kembali mengingatkan pegawai negeri tetap netral dalam pemilihan kepala daerah 9 Desember nanti. Pegawai negeri tidak boleh terlibat politik praktis karena sanksi tegas akan diberikan.

Godlin juga mengimbau masyarakat untuk menjaga kondisi daerah ini agar tetap kondusif. Perbedaan politik adalah hal wajar dalam demokrasi yang harus mendulang kebersamaan dan memenangkan kepentingan masyarakat.