Polda Tingkatkan Pengamanan Kantor KPU se-Kalteng

id polda kalteng, KPU se-kalteng, operasi mantap praja telabang

Polda Tingkatkan Pengamanan Kantor KPU se-Kalteng

Polda Kalteng, Brigjend Pol Fakhrizal. (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah terus meningkatkan upaya pengamanan kantor Komisi Pemilihan Umum menjelang pemilihan kepala daerah yang dijadwalkan berlangsung pada 9 Desember 2015.

"Semua sarana dan personel kita turunkan untuk pengamanan. Jumlah personel sekitar 4.700 atau 2/3 dari jumlah kekuatan. Personel dari Polda yang kita geser untuk membantu Polres mengamankan KPU daerah sekitar 500," kata Kapolda Kalteng, Brigjen Pol Fakhrizal di Palangka Raya, Selasa.

Hal itu dikatakannya saat dikonfirmasi seusai apel kesiapan operasi mantap praja telabang tahun 2015 dalam rangka pengamanan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng dan Bupati dan Wakil Bupati Kotim tanggal 9 Desember 2015 yang digelar di halaman kantor Polda Jalan Tjilik Riwut, Palangka Raya.

"Gelar pasukan telah kita lakukan sejak tahap awal pelaksanaan pilkada dan apel ini merupakan pemeriksaan tahap akhir sebelum personel kita terjunkan ke lapangan," kata Fakhrizal.

Pantauan Antara, terlihat puluhan kendaraan operasional, seperti mobil "water cannon", mobil inafis, sepeda motor dan lainnya telah siap untuk diturunkan ke lapangan dalam rangka membantu pengamanan pilkada. Selain itu juga beberapa anjing pelacak yang juga disiapkan pihak kepolisian dalam melakukan pengamanan.

Di halaman markas Polda Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai" itu juga nampak ratusan anggota polri serta anggota TNI terlihat mengikuti acara tersebut.

Kapolda menyatakan akan meningkatkan pengamanan, terutama di wilayah-wilayah yang memiliki potensi kerawanan gangguan kamtibmas tinggi.

"Kita terus meningkatkan pengamanan terutama pada Kabupaten-kabupaten yang rawan atau dulu pernah terjadi kerusuhan. Daerah itu seperti kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kotawaringin Barat dan Palangka Raya," katanya.

Dalam apel tersebut turut hadir Komandan Korem 102 Panju Panjung, Kolonel ARH Purwo Sudarwanto serta Penjabat Gubernur Kalteng, Hadi Prabowo.