Polres Sukamara Turunkan 80 Aparat Amankan Natal dan Tahun Baru

id operasi lilin telabang, polres sukamara, natal, tahun baru 2016

Polres Sukamara Turunkan 80 Aparat Amankan Natal dan Tahun Baru

Bupati Sukamara H Ahmad Dirman saat memeriksa Pasukan pada Gelar Pasukan Operasi Lilin Telabang 2015. (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antara Kalteng) - Waka Polres Sukamara Kompol Yoyo Ruswandi mengatakan, untuk pengamanan perayaan Natal 2015 dan tahun baru 2016, Polres Sukamara menurunkan sebanyak 80 personel.

"Untuk memberikan rasa aman bagi umat Kristiani yang merayakan Natal dan masyarakat yang akan memeriahkan tahun baru, kita menurunkan personel sebanyak 80 personel dan ini lebih banyak dari surat perintah atau sprin yang hanya berjumlah 21 personel," kata Yoyo usai gelar pasukan operasi Lilin Telabang 2015 di Halaman Mapolres Sukamara.

Menurutnya, penempatan personel dipusatkan di tempat-tempat ibadah, sebagai upaya menciptakan rasa aman dan nyaman masyarakat dalam melaksanakan aktifitas keagamaannya.

"Kita melaksanakan operasi Lilin Telabang ini untuk memberi keamanan, kenyamanan bagi masyarakat yang melaksanakan ibadah Natal baik di rumah-rumah atau tempat ibadah seperti gereja,” jelas Yoyo.

"Kami juga melaksanakan pencegahan atau preventif dengan melakukan patroli rutin terhadap rumah-rumah warga yang ditinggal untuk merayakan Natal dan pergantian tahun," tambahnya.

Sementara itu Bupati Sukamara H Ahmad Dirman usai memimpin apel gelar pasukan operasi Lilin Telabang 2015 mengungkapkan bahwa keamanan merupakan tanggung jawab bersama dan bukan hanya tanggungjawab Polri saja.

"Pengamanan hari raya Natal dan tahun baru merupakan kewajiban bersama, sehingga keamanan masyarakat saat merayakan hari raya dengan penuh ketenangan," ujar Dirman.

Gelar pasukan operasi Lilin Telabang 2015, dilaksanakan di halaman Mapolres Sukamara, dengan Inspektur upacara Bupati Sukamara H Ahmad Dirman, dengan melibatkan personel dari Satpol PP, Dinas Kesehatan, TNI dan Dinas Perhubungan, dinas kesehatan, dan anggota Pramuka saka Bhayangkara.