Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur Dilantik 17 Februari

id pilkada kotim, pelantikan bupati-wakil bupati, bupati kotim, supian hadi

Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur Dilantik 17 Februari

Supian Hadi, dalam pasangan SAHATI memenangkan Pilakda Kotim. (Istimewa)

Sampit (Antara Kalteng) - H Supian Hadi dan HM Taufiq Mukri akan dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah periode 2016-2021 pada 17 Februari mendatang di Palangka Raya.

"Telegramnya sudah ada. Memang di sana disebutkan secara umum, untuk gubernur dilantik pada 12 Februari di Istana Negara, sedangkan bupati dan wali kota dilantik pada Rabu tanggal 17 Februari di ibu kota provinsi. Itu termasuk Bupati Kotim. Nanti pelantikannya di Palangka Raya oleh Penjabat Gubernur atas nama Menteri Dalam Negeri," kata komisioner Komisi Pemilihan Umum Kotawaringin Timur, Juniardi di Sampit, Minggu.

Kepastian jadwal pelantikan itu diketahui dari telegram Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo pada 5 Februari lalu. Telegram itu ditujukan kepada presiden, wakil presiden, menkopolhukam, mensesneg, sekretaris kabinet, ketua DPRD provinsi, bupati/wali kota di seluruh Indonesia.

Juniardi mengaku sudah mendapat informasi dari pemerintah provinsi terkait rencana pelantikan tersebut. Namun, pihaknya masih menunggu surat resmi atau tembusan surat terkait rencana pelantikan itu.

"Pengajuan ke Kemendagri sudah disampaikan pemerintah provinsi. Jadi tinggal menunggu SK (surat keputusan) dari Mendagri saja lagi," jelas Juniardi.

Supian Hadi dan Taufiq Mukri atau akrab dengan sebutan Sahati, terpilih sebagai bupati dan wakil bupati Kotawaringin Timur setelah memenangi pemilu kepala daerah 9 Desember 2015 lalu. Mereka unggul dibanding tiga pasangan calon lainnya dengan angka yang meyakinkan yakni 112.179 suara atau 63,77 persen.

Kemenangan itu sempat digugat ke Mahkamah Konstitusi oleh salah satu pasangan calon. Namun kemudian, gugatan pemohon terhadap KPU ditolak Mahkamah Konstitusi sehingga tahapan bisa dilanjutkan dengan penetapan oleh KPU, disusul DPRD Kotawaringin Timur, untuk diusulkan dilantik.

Ini merupakan kepemimpinan periode kedua bagi Supian Hadi dan Taufiq Mukri. Sebelumnya mereka terpilih sebagai bupati dan wakil bupati periode 2010-2015. Masyarakat berharap dalam kepemimpinan kedua nanti, pemerintahan Sahati bisa membawa kemajuan Kotawaringin Timur makin signifikan.