Barito Selatan Dapatkan Dana Desa Rp54,7 Miliar

id Barito Selatan Dapatkan Dana Desa, dana add, barito selatan

Barito Selatan Dapatkan Dana Desa Rp54,7 Miliar

Ilustrasi, (Istimewa)

Jadi, kalau jumlah dana DD dan ADD tersebut digabungkan, maka total dana yang akan dikucurkan untuk seluruh desa di wilayah Barsel sebesar Rp99,7 milar.
Buntok (Antara Kalteng) - Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah tahun 2016 akan mendapat dana desa (DD) dari pemerintah pusat sebesar Rp54,7 miliar.

Kepala Badan Pemberdayaan masyarakat dan Pembangunan Desa (BPMPD) Barito Selatan Eka Surya Thano di Buntok, Rabu mengatakan dana desa itu diperuntukkan bagi 86 desa daerah tersebut.

"Sedangkan alokasi dana desa (ADD) yang akan dikucurkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan bagi 86 desa tahun 2016 sebesar Rp45 miliar," katanya.

Jadi, kalau jumlah dana DD dan ADD tersebut digabungkan, maka total dana yang akan dikucurkan untuk seluruh desa di wilayah Barsel sebesar Rp99,7 milar.

"Dengan jumlah itu, maka masing-masing desa akan menerima DD dan ADD berkisar antara Rp1,1 miliar hingga Rp1,2 miliar," ucap dia.

Saat ini pihaknya sedang menyusun peraturan bupati (Perbup) baik untuk jumlah dana yang akan diterima desa maupun teknis pertanggung jawabannya.

"Perbup tersebut saat ini sedang digodok dan diperkirakan pada akhir Februari 2016 dana DD dan ADD sudah bisa disalurkan kepada masing-masing desa," katanya.

Dia mengharapkan kepala desa, sekretaris desa dan bendahara desa berhati-hati menggunakan dana tersebut, sebab satu rupiah pun dana itu wajib dipertangung jawabkan.

"Kita juga meminta pihak desa mempelajari aturan-aturan terkait hal itu, supaya dalam penggunaannya tidak menyalahi aturan," kata dia.

Dia juga mengharapkan penggunaan dana supaya benar-benar untuk kemakmuran dan kesejahteraan seluruh masyarakat dimasing-masing desa di wilayah tersebut.

"Karena kalau dana itu dikucurkan selama 10 tahun, hampir dipastikan desa akan mengalami kemajuan dan apabila tidak maju berarti ada yang salah dan perlu dipertanyakan penggunaan dananya," kata dia.