Rio Haryanto Diharapkan Bisa Tuntaskan Balapan F1 Di Australia

id Rio Haryanto, Balapan F1, Australia, Formula satu

Rio Haryanto Diharapkan Bisa Tuntaskan Balapan F1 Di Australia

Pebalap Rio Haryanto Pebalap Manor Racing Rio Haryanto di sesi latihan pertama di Formula 1 GP Australia di Melbourne, Jumat (18/3/16). ()

Padang (Antara Kalteng) - Kalangan masyarakat pecinta olahraga otomotif di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengharapkan agar pebalap Indonesia Rio Haryanto mampu menuntaskan lap balapan Formula satu (F1) di Australia, Minggu 20 Maret 2016.

"Jika untuk bersaing dengan pebalap papan atas macam Hamilton dan Vettel sulit, tapi setidaknya dari lap yang ada bisa diselesaikan," kata salah satu pecinta otomotif Edi Syafriadi, di Padang, Sabtu.

Menurutnya dari hasil dua kali tes jumat (18/3) lalu kecepatan rata-rata Rio Haryanto mampu menembus peringkat sepuluh besar. Artinya secara kualitas kemampuan balap Rio setara dengan pebalap lain, hanya yang membedakan mobil yang dipakainya hanya kelas bawah.

Selain itu kata dia, diharapkan modal kepercayaan diri dan kalem yang dimiliki Rio bisa menjadi andalan untuk menaklukan puluhan lap di sirkuit Albert Park tersebut.

"Setidaknya Rio dapat bertahan sama seperti pebalap lain dapat menyelesaikan lap," kata dia.

Meskipun demikian, tentunya dia berharap ada keajaiban yang menjadikan Rio mampu menembus targetnya yakni sepuluh besar.

Pecinta otomotif lain, Hari Naldo (19) juga berharap agar Rio Haryanto bisa menyelesaikan lap yang ada.

Menurutnya baik itu tes atau babak kualifikasi tidak menjadi indikator posisi dari Rio Haryanto. Keberhasilan Rio meraih kursi F-1 kata dia, telah memberi kebanggaan bagi bangsa Indonesia, hal ini juga menimbulkan nasionalisme baru bagi masyarakat yang telah lama hilang akibat buruknya prestasi bulutangkis dan carut marut persepakbolaan.

"Tidak peduli Rio ada di posisi terakhir atau pertama, bisa menyelesaikan balapan dari semua lap yang ada, sudah menjadi keberhasilan," imbuhnya.

Senada dengan itu Atlet Motor Trail daerah Devin Harisandi mengaku bangga keberhasilan Rio Haryanto menjadi pengemudi balapan mobil termegah tersebut.

Menurutnya hal ini telah menjadi euforia baru bagi masyarakat Indonesia meski mungkin prestasi Rio tidak akan secemerlang bintang F1 lainnya.

Bahkan, dengan ini masyarakat Indonesia yang tidak menyukai F1 pun akan mulai menonton balap mobil tersebut dikarenakan ada Rio Haryanto, katanya yang juga mengaku awalnya tidak terlalu tertarik dengan F1 sebelum Rio masuk.

Diharapkan untuk tahun ini kemampuan Rio dapat berkembang, memperoleh nilai dan dapat menyelesaikan lap di setiap perlombaannya, ujarnya.

Sementara itu Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nachrawi mengimbau kepada masyarakat untuk mendukung secara penuh keikutsertaan Rio Haryanto di ajang F1.

Sebab katanya, hal ini menjadi prestasi bagi duta bangsa dalam tujuan mengharumkan nama negaranya di dunia.