Bupati Sukamara Harapkan Bimtek Tingkatkan Kinerja Pengelola Perpustakaan

id sukamara, bimtek perpustakaan sukamara, bupati sukamara

Bupati Sukamara Harapkan Bimtek Tingkatkan Kinerja Pengelola Perpustakaan

Bupati Sukamara H Ahmad Dirman, Sekda Sukamara H Soemantri HW, dan Deni Kurniadi, Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus di Perpustakaan Pusat. (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antara Kalteng) - Bupati Sukamara H Ahmad Dirman mengatakan Pemerintah daerah sangat mengapresiasi kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) terutama kepada semua peserta utusan dari setiap desa, kelurahan dan sekolah se-Kabupaten Sukamara untuk mengikuti bimtek dalam rangka meningkatkan kinerja pengelola perpustakaan yang ada.

"Kita sangat mengapresiasi kegiatan semacam ini terutama kepada Lurah, Kepala desa, kepala sekolah yang telah mengirim utusannya untuk mengikuti bimtek ini yang tentu bertujuan untuk meningkatkan kinerja dalam mengelola perpustakaan yang mereka miliki," kata Dirman, di Sukamara Rabu

Menurutnya, pada abad ke-21 kesadaran masyarakat akan pentingnya informasi semakin meningkat, dan perpustakaan selalu berupaya untuk memberikan jasa layanan yang terbaik dan maksimal bagi para pemustakanya. Berbagai upaya telah ditempuh pihak penyelenggara perpustakaan untuk memberikan kepuasan kepada pemustaka, antara lain dengan memberikan pelayanan prima.

Tuntutan layanan prima pada perpustakaan merupakan suatu tantangan dalam upaya pengembangan perpustakaan, salah satunya adalah dengan mengadakan bimbingan teknis bagi pengelola perpustakaan desa/kelurahan dan perpustakaan sekolah.

Selain itu, untuk mengelola sebuah perpustakaan diperlukan manajemen yang efektif dan efisien, sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Pengetahuan dasar dalam mengelola perpustakaan memerlukan proses manajemen yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pemeriksaan dan tindakan agar semua yang terlibat dalam aktivitas perpustakaan melakukan tugas sesuai dengan arah kebijakan yang sudah ditetapkan.

"Perpustakaan merupakan wujud nyata dalam upaya transformasian nilai-nilai luhur informasi melalui bahan pustaka kepada generasi selanjutnya. Dengan peningkatan peranan dan fungsi perpustakaan, diharapkan nilai-nilai budaya lokal yang sudah berbentuk secara tertulis menjadi bahan pustaka dapat ditanamkan sedini mungkin pada diri seseorang," ucap Dirman.

Ditambahkannya, dalam era keterbukaan saat ini perpustakaan dituntut untuk berperan aktif dan selalu berinovasi mengembangkan diri terhadap segala perkembangan, baik sosial, pemeritahan dan budaya. Oleh karena itu melalui bimbingan teknis manajemen perpustakaan bagi pengelola perpustakaan ini diharapkan bisa menyamakan persepsi dalam menghadapi tantangan yang ada.