Bupati Sukamara: Musrenbang 2016 Untuk Susun Kerja 2017

id sukamara, bupati sukamara, musrenbang sukamara

Bupati Sukamara: Musrenbang 2016 Untuk Susun Kerja 2017

upati Sukamara H Ahmad Dirman tengah saat membuka Musrenbang Tingkat Kabupaten Sukamara. (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antara Kalteng) – Bupati Sukamara H Ahmad Dirman mengatakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2016 Kabupaten Sukamara adalah rangkaian menuju penyusunan dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) kabupaten sukamara tahun 2017.

Musrenbang sendiri merupakan forum antar para pelaku pembangunan dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), yang bertujuan antara lain untuk menghimpun masukan dalam rangka penyusunan RKPD kabupaten Sukamara.

"Sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan kecamatan dan desa dengan program prioritas SKPD yang memerlukan dukungan pendanaan, baik yang bersumber dari APBD kabupaten, APBD Provinsi maupun APBN," kata Dirman di Sukamara, Rabu.

Menurutnya, perencanaan pembangunan yang baik sangat menentukan keberhasilan pembangunan, dimana pelaksanaan rencana pembangunan daerah secara legal menjamin aspirasi masyarakat yang dimulai dari tahapan perencanaan, dilanjutkan dengan pelaksanaan, dan kemudian ditentukan kualitasnya pada tahap monitoring dan evaluasi atau pengawasan.

Pelaksanaan Musrenbang menjadi strategis karena perencanaan pembangunan yang ideal harus menjadi proses rangkaian pembangunan yang secara bersamaan didalamnya diperhatikan masalah pertumbuhan, peningkatan dan perubahan, sehingga menjadi suatu konsep yang multi dimensional dengan pencapaian yang multi indikator pada setiap penyusunannya.

Penyelenggaraan musrenbang ini merupakan kelanjutan dari kegiatan forum gabungan SKPD yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu, yang selanjutnya akan dilakukan pembahasan dan pembuatan kesepakatan tentang kebijakan pembangunan dan rencana program atau kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2017.

"Kebijakan dan program ini akan dituangkan ke dalam dokumen rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) tahun 2017, dan sebagai pedoman dalam penyusunan rancangan RAPBD kabupaten sukamara tahun anggaran 2017. oleh karena itu kita hendaknya berpedoman kepada arah dan kebijakan pembangunan yang telah dituangkan di dalam RPJMD kabupaten sukamara tahun 2013 – 2018 dalam rangka mencapai visi," pinta Dirman.

"Harapan saya untuk tahun 2017, terjaga iklim yang kondusif dan dinamis sehingga dapat menjaga keberlanjutan pelaksanaan pembangunan pada tahun tersebut. selain itu program pembangunan yang direncanakan hendaknya dapat menjawab tantangan dan permasalahan mendasar yang dihadapi oleh masyarakat, dengan mempertimbangkan kondisi dan potensi masing-masing wilayah," tambahnya.