Perlu Kebersamaan Majukan Pariwisata Kotawaringin Timur

id Putri Pariwisata Kotim 2016, putri pariwisata, sampit, kotim, kalteng, bupati kotim, Bupati Kotim Supian Hadi

Perlu Kebersamaan Majukan Pariwisata Kotawaringin Timur

Pemilihan putra dan putri pariwisata merupakan salah satu agenda pariwisata Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Masih banyak potensi pariwisata daerah Kotim yang bisa dimaksimalkan. (FOTO ANTARA Kalteng/Norjani)

... potensi pariwisata Kotim cukup besar, asalkan semua pihak mau mendukung, mulai dari masyarakat, para tokoh lembaga dan pemerintah turut serta di dalamnya akan cepat maju,"
Sampit (Antara Kalteng) - Potensi pariwisata Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah dinilai masih sangat besar, sehingga diperlukan kebersamaan untuk memaksimalkan untuk memajukan objek dan daya tarik wisata di daerah tersebut.

"Menurut saya, potensi pariwisata Kotim cukup besar, asalkan semua pihak mau mendukung, mulai dari masyarakat, para tokoh lembaga dan pemerintah turut serta di dalamnya akan cepat maju," kata Putri Pariwisata Kotawaringin Timur (Kotim) 2016 May Sara Aminudin di Sampit, Minggu.

Pendapat ini tidak berlebihan karena potensi pariwisata di daerah ini cukup lengkap, mulai dari wisata alam, budaya, religi dan lainnya. Namun diakui, potensi-potensi itu belum tergarap maksimal karena berbagai keterbatasan.

Bupati H Supian Hadi sudah menyatakan tekadnya menjadikan Sampit sebagai kota tujuan wisata di Kalimantan Tengah. Itu dibuktikannya dengan membenahi Kota Sampit dan berbagai objek wisata di periode pertama kepemimpinannya bersama Wakil Bupati HM Taufiq Mukri, kemudian dilanjutkan pada kepemimpinan periode kedua ini.

"Kami sebagai duta pariwisata akan membantu. Saya dan patner saya, Dani Julianto akan siap berpartisipasi mempromosikan pariwisata Kotawaringin Timur. Kami akan melakukan yang terbaik untuk Kotim," janji May Sara.

Pemerintah Kabupaten Kotim sedang genca-gencarnya menggali dan mempromosikan pariwisata daerah ini. Pariwisata diharapkan menjadi sektor baru membantu menopang perekonomian masyarakat karena sektor perkebunan dan pertambangan ada batasnya.

Kotim memiliki objek wisata yang cukup lengkap. Paket wisata kota meliputi museum kayu sampit, taman miniatur budaya, taman kota sampit, kapal wisata, wisata kuliner, wisata belanja, wisata susur Sungai Mentaya, ekowisata Sagonta Kota, sentra perajin ukiran kayu sungkai di Kecamatan Seranau, ikon kota yakni patung ikan jelawat, bundaran Habaring Hurung.

Selain itu, masih banyak objek dan daya tarik wisata alam dan budaya seperti pantai, huma betang berusia ratusan yang merupakan rumah khas suku Dayak dan lainnya.