Keluarga Berperan Penting Dalam Tumbuh Kembang Anak

id sukamara, BPMDPP-KB Sukamara, Aji Nugraha, BKB

Keluarga Berperan Penting Dalam Tumbuh Kembang Anak

Sekretaris BPMDPP-KB Sukamara H Aji Nugraha saat mengikuti Pembukaaan Pelatihan Kader BKB. (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antara Kalteng) - Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat Pededaan dan Keluarga Berencana (BPMDPP-KB) Sukamara H Aji Nugraha mengatakan keluarga berperanan sangat penting dalam pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang anak, mengingat keluarga merupakan wahana pertama dan utama bagi kehidupan anak hingga anak tumbuh menjadi dewasa.

"Peran keluarga sangat penting dalam membentuk pengetahuan anak hingga anak tumbuh menjadi dewasa, sehingga potensi yang dimiliki seseorang anak akan mencapai kondisi optimal apabila mendapat pengasuhan yang tepat sesuai dengan tahapan usianya," kata Aji Nugraha saat membuka Pelatihan Kader BKB di Sukamara.

Menurutnya, Salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan keluarga dalam pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang anak dilakukan melalui Program Ketahanan Bina Keluarga Balita dan Anak, yang diwadahi dalam kelompok kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB).

BKB merupakan kegiatan yang khusus mengelola tentang pembinaan tumbuh kembang anak melalui pola asuh yang benar berdasarkan kelompok umur, yang dilaksanakan oleh sejumlah kader yang mengikuti pelatihan BKB. Kader BKB bisa meyalurkan dan menularkan pengetahuannya kepada keluarga lainnya.

Desa dengan anggaran yang dimilikinya sangat diharapkan berperan dalam mendukung kegiatan BKB, dengan memasukan programnya di RAPBDes.

Dijelaskannya, BKB adalah upaya peningkatan pengetahuan, ketrampilan dan kesadaran ibu serta anggota keluarga lain dalam membina tumbuh kembang balitanya melalui rangsangan fisik, motorik, kecerdasan, sosial, emosional serta moral yang berlangsung dalam proses interaksi antara ibu/anggota keluarga lainnya dengan anak balita.

"Gerakan BKB sebagai gerakan bersama antara pemerintah dan masyarakat untuk memelihara kesehatan, hantaran tumbuh kembang anaknya, deteksi dini kelainan atau kecacatan dan akhirnya menyiapkan anak balitanya siap sekolah bersama anak-anak lainnya," jelas Aji .

Sementara itu Ketua Panitia Pelatihan sekaligus Kabid KB, Albert Sandy mengatakan tujuan pelatihan ini agar kader BKB bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan kelompok BKB dan juga meningkatkan jumlah BKB yang berkualitas di Kabupaten Sukamara.

"Peserta yang mengikuti pelatihan BKB ini terdiri dari 48 peserta dari lima kecamatan yang ada di kabupaten Sukamara, dimana peserta ini berasal dari kader Pos Yandu, sehingga dengan pelatihan ini mereka dapat memberikan ilmunya kepada keluarga yang berada di daerahnya," ucap Albert.