Bupati Pulpis Minta Disdik Perhatikan Kualitas Pendidikan

id Bupati Pulpis, Edy Pratowo, Pulpis, Perhatikan Mutu Pendidikan, Pemkab Pulpis

Bupati Pulpis Minta Disdik Perhatikan Kualitas Pendidikan

Bupati Pulpis, H Edy Pratowo didampingi Kepala Dinas Pendidikan Hj Aminah, menyerahkan piala dan penghargaan kepada para peserta didik yang berprestasi dalam berbaga lomba yang telah dilaksanakan usai apel Hari Pendidikan Nasional. (FOTO ANTARA Kalte

Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Bupati Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, H Edy Pratowo meminta agar Dinas Pendidikan (Disdik) memperhatikan mutu dan kualitas pendidikan agar tidak ada perbedaan antara pendidikan yang ada di daerah pelosok dan pinggiran dengan daerah perkotaan.

"Artinya kualitas dan mutu pendidikan bisa diterapkan merata karena tersedianya pendidikan untuk masyarakat adalah salah satu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh pemerintah," kata Edy Pratowo di Pulang Pisau, Senin.

Pada apel peringatan Hari Pendidikan Nasional (HPN) yang dilaksanakan di Halaman Kantor Dinas Pendidikan, Edy Pratowo mengatakan bahwa mutu dan jenjang pendidikan berdampak besar pada ruang kesempatan untuk maju dan sejahtera. Untuk itu semua pihak harus memastikan setiap manusia Indonesia mendapatkan akses pendidikan yang bermutu sepanjang hidupnya.

Salah satu dukungan yang perlu diberikan, lanjut dia, adalah memastikan kepada anak-anak Indonesia bahwa apa yang mereka pelajari saat ini adalah apa yang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan pada zamannya. Kebutuhan yang dibutuhkan pada abad 21 ini diantaranya mencakup tiga komponen yakni karakter, kemampuan literasi dan kompetensi.

"Selain itu anak-anak didik juga membutuhkan kemampauan kereativitas, kemampuan berfikir kritis dan memecahkan masalah, kemampuan komunikasi serta kemampuan kolaborasi," papar dia.

Semua elemen dalam bidang pendidikan, kata Edy Pratowo, harus bisa dipenuhi dalam menghadapi lingkungan perubahan yang begitu cepat. Ia juga meminta kepada semua yang telah merasakan manfaat pendidikan, dalam Bulan Pendidikan ini untuk menyapa para pendidik karena pendidik adalah pejuang pendidikan.