Bupati Seruyan: Kualitas Pendidikan Jauh Dari Harapan

id seruyan, bupati seruyan, hardiknas

Bupati Seruyan: Kualitas Pendidikan Jauh Dari Harapan

Ilustrasi. (neahta-ahmadz.blogspot.com)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Bupati Kabupaten Seruyan, Sudarsono mengatakan kualitas pendidikan di wilayahnya masih jauh dari harapan dan cukup tertinggal jika dibandingkan dengan daerah lain di Kalimantan Tengah.

"Dunia pendidikan Seruyan masih belum seperti yang kita harapkan," kata Sudarsono usai memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kuala Pembuang, Senin.

Orang nomor satu di "Bumi Gawi Hatantiring" ini menyebutkan, rendahnya kualitas pendidikan itu terjadi karena sebaran tenaga pengajar atau guru yang belum merata hingga ke pelosok, akibatnya terjadi ketimpangan kualitas pendidikan antardaerah dalam kabupaten.

"Pemerataan guru masih belum bisa dilakukan, sehingga kualitas pendidikan kita patut dipertanyakan," katanya.

Ia menambahkan, masih banyak sekolah belum dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang memadai juga membuat dunia pendidikan di Seruyan menjadi lambat berkembang.

"Seperti belum adanya jaringan akses internet yang dapat menjangkau hingga ke kecamatan telah menjadi kendala kegiatan belajar siswa, termasuk pelaksanaan ujian berbasis komputer," katanya.

Selanjutnya, dunia pendidikan di Seruyan juga masih belum ditunjang dengan anggaran yang maksimal atau belum menyentuh angka minimal 20 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sesuai dengan amanat undang-undang.

"Kebutuhan sektor lain yang masih banyak sehingga anggaran pendidikan kita belum mencapai 20 persen," katanya.

Menurutnya, ke depan Pemkab akan terus berupaya untuk membenahi kualitas pendidikan dengan melakukan pemerataan guru dan melengkapi sekolah-sekolah dengan fasilitas penunjang yang memadai.

"Pada 2017, kita akan berjuang untuk merealisasikan anggaran pendidikan sebesar 20 persen, khususnya untuk menunjang pendidikan dasar, karena kewenangan untuk menangani SMA/SMK sudah beralih ke pemerintah provinsi," katanya.