Pemkot Diminta Perkuat SDM Tingkatkan Daya Saing

id DPRD Kota, DPRD palangka Raya, Palangkaraya, Nenie Lambung, Nenie A lambung, Perkuat SDM Tingkatkan Daya Saing, perkuat sdm, daya saing, mea

Pemkot Diminta Perkuat SDM Tingkatkan Daya Saing

Ketua Komisi B DPRD Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Nenie A Lambung (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Apabila tidak dari sekarang, kapan lagi sumber daya manusia (SDM) kita bisa berkualitas dan andal...
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah meminta pemerintah kota untuk memperkuat kualitas sumber daya manusia khususnya dibidang usaha mikro kecil menengah di daerah itu.

"Apabila tidak dari sekarang, kapan lagi sumber daya manusia (SDM) kita bisa berkualitas dan andal khususnya para usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam rangka penguatan ekonomi dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)," kata Ketua Komisi B DPRD Kota, Nenie A Lambung di Palangka Raya, Senin.

Dia mengatakan, semua pihak diminta untuk lebih mendukung SDM yang merupakan modal penting dalam menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN (MEA), sehingga perlu adanya program pengembangan SDM dari pemerintah kota setempat untuk memacu dan mengasah keterampilan secara individu masing-masing.

"Pengembangan SDM adalah dalam rangka menciptakan pelaku usaha yang handal agar mampu menghasilkan produk yang berkualitas serta mampu menghasilkan produk sesuai standard dalam penerapan teknologi produksi dan inovasi produk," kata Politisi PDI Perjuangan itu.

Untuk menghasilkan produk yang berdaya saing tinggi harus mampu membuat kemasan produk yang menarik dan unik dengan harga terjangkau. Sehingga produk asli khas Kalimantan Tengah khususnya "Kota Cantik" Palangka Raya tidak kalah dengan produk dari negara-negara ASEAN lainnya.

Selain itu, faktor lain untuk meningkatkan dan memperkuat kualitas SDM yang lebih utama yakni faktor pendidikan. Sehingga, pendidikan berperan penting di bidang SDM, bukan hanya meliputi teori saja, tetapi juga pengasahan keterampilan dan kemampuan skill yang harus diperkuat.

Oleh karena itu, penting bagi provinsi Kalteng mempersiapkan dengan baik dalam memasuki persaingan global negara ASEAN dan diperlukan persiapan yang matang dengan memperhatikan peluang yang dimiliki dan sekaligus tantangan.

MEA memberikan peluang sebesar-besarnya bagi negara anggota ASEAN untuk memperluas cakupan skala ekonomi, meningkatkan daya tarik bagi investor dan wisatawan, memperbaiki fasilitas perdagangan dan bisnis serta mengurangi biaya transaksi perdagangan.

Selain itu, kemudahan infrastruktur hingga pinjaman kredit perlu dibijaki oleh pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota untuk mendapatkan modal awal bagi pelaku UMKM.