Petugas Sensus Ekonomi di Sukamara Datangi Wakil Bupati

id sukamara, sensus ekonomi di sukamara, wakil bupati sukamara, windu subagio

Petugas Sensus Ekonomi di Sukamara Datangi Wakil Bupati

Plt Kepala BPS Sukamara, Heri Susanto (kanan baju rompi) didampingi petugas sensus ekonomi saat melakukan pendataaan terhadap Wakil Bupati Sukamara H Windu Subagio di ruang kerjanya. (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antara Kalteng) - Wakil Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah, Windu mendapat giliran Sensus Ekonomi 2016 dari petugas Badan Pusat Statistik untuk dilakukan pendataan yang dilaksanakan di ruang kerjanya wakil bupati.

"Karena ini merupakan program pemerintah tentu kita harus mendukung itu, sehingga pada kesempatan ini saya bersedia untuk didata oleh petugas sensus dan itu sudah dilakukan ditempat kerja saya," kata Windu usai dilakukan pendataan Sensus Ekonomi, di Sukamara, Selasa.

Ia mengatakan,  untuk mendukung para petugas sensus dilapangan pemerintah sudah melakukan himbauan bukan hanya kepada di Jajaran pemerintahan setempat, namun kepada seluruh masyarakat Kabupateng Sukamara juga dilakukan hal yang sama, guna mendukung suksesnya Sensus Ekonomi 2016.

"Saya menghimbau dan mengajak seluruh jajaran Pemkab Sukamara dan seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Sukamara  untuk menerima petugas sensus yang dating dan dapat memberikan keterangan yang jelas ketika diminta oleh petugas sensus, sehingga bisa dapat dipertangungjawabkan," pintanya. 

Sementara itu Plt Kepala BPS Sukamara Heri Susanto mengatakan sangat berterima kasih kepada Wakil Bupati yang bersedia menerima petugas sensus untuk dilakukan pendataan, karena pendataan sensus ekonomi mulai dari masyarakat umum hingga pelaku usaha.

"Bapak Wakil Bupati juga bersedia didata, sehingga seharusnya masyarakat umum juga diharapkan sama, dan Bapak Wakil Bupati juga menyampaikan bahwa kita tidak perlu anti kepada petugas sensus, karena ini tidak ada sama sekali berhubungan dengan pajak," kata Heri.

Dijelaskannya, apa yang lakukan petugas sensus hanya untuk meminta keterangan data base pelaku usaha yang  terbaru, karena data yang terakhir pada 2006, dan sekarang sudah 2016 jadi Pemerintah sangat  memerlukan data base baik jumlah usaha, pelaku usaha  maupun jenis usaha yang terbaru.

Terkait dengan tempat dimana dilakukan pendataan, Heri mengatakan sebenarnya saat melakukan pencacahan di dimana nrumah tangga usaha, akan tetapi petugas akan menanyakan ke responden atau kepada pelaku usaha, yamannya saat wawancara itu dan petugas sensus akan menyesuaikan, apakah di tempat usaha, di rumah atau di kantor.

"Tidak masalah dimana, karena yang didata bukan dari segi jabatannya tetapi sebagi individu," katanya.