Bupati Barut Instruksikan Penyelesaian Perbaikan Jalan

id bupati barut, pemkab barut, nadalsyah, perbaikan jalan, Bupati Barut Instruksikan Penyelesaian Perbaikan Jalan, desa kandui, gunung timang

Bupati Barut Instruksikan Penyelesaian Perbaikan Jalan

Bupati Barito Utara, Nadalsyah saat melakukan peninjauan ruas Jalan Desa Kandui - Ketapang Kecamatan Gunung Timang. (Ist)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Nadalsyah menginstruksikan kontraktor yang mengerjakan ruas jalan desa Kandui-Ketapang Kecamatan Gunung Timang sepanjang 25 kilometer dengan kontrak tahun jamak (multi years) segera diselesaikan.

"Kita harapkan tahun ini perbaikan jalan akan selesai dikerjakan oleh kontraktor yang sudah terikat kontrak dengan Dinas Pekerjaan Umum," katanya saat melakukan peninjauan di ruas jalan tersebut di Desa Kandui Kecamatan Gunung Timang, Rabu.

Pekerjaan proyek tersebut dimulai sejak tahun 2014 kini hanya tunggu penyelesaian, sebab dikerkajaan hanya selama dua tahun sedangkan pembayaran selama empat kali anggaran atau sebelum setahun berakhirnya masa jabatan bupati.

Menurut Nadalsyah, pemerintah daerah meminta agar pekerjaan di lapangan secara maksimal. Hal ini untuk memacu kegiatan.sebab jalan yang diperbaiki merupakan urat nadi perekonomian masyarakat.

"Di sana juga terdapat belasan perkampungan dimana jalan tersebut satu satunya akses ke ibu kota kabupaten," katanya.

Nadalsyah mengatakan, ada beberapa titik yang perlu ditangani salah satu jembatan di Desa Rarawa Kecamatan Gunung Timang ambruk karena termakan usia, sementara warga sekitarnya memerlukan akses yang tidak bisa ditunda.

Untuk itu melalui Dinas Pekerjaan Umum dengan menggandeng perusahaan daerah melakukan penanganan secara darurat, namun untuk anggaran menggunakan dana yang ada.

"Jadi untuk penanganan timbunan jembatan nantinya menggunakan anggaran multi years. Mengenai volume nanti kita hitung berapa anggaran yang dikeluarkan,"kata Nadalsyah didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum setempat Fery Kusmiadi.

Di samping jembatan tambah Bupati, seluruh ruas jalan segera diselesaikan. Hal ini karena banyaknya desakan warga sekitar agar secepatnya ditangani. Oleh sebab itu dengan menggandeng perusahan daerah bisa secepatnya dirampungkan. Dengan sisa kontrak kurang lebih 220 hari target penyelesaian sebelum masa kontrak habis.

"Jadi jangan dianggap perusahaan daerah mengambil alih kegiatan, tapi ini murni membantu warga dalam percepatan akses," ujar Nadalsyah.