"Sampit Expo" Dijanjikan Lebih Nyaman

id Sampit expo, sampit expo lebih nyaman, kotim, sapit, bupati kotim, Supian Hadi,

"Sampit Expo" Dijanjikan Lebih Nyaman

Foto Dukumen:Pembukaan Sampit Expo 2015 oleh Bupati Kotawiringin Timur H Supian Hadi pada Sabtu (25/4/2015). (Foto ANTARA Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, meyakinkan pelaksanaan "Sampit Expo" di lokasi yang baru akan lebih nyaman dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Selama ini kan masalah yang muncul setiap digelarnya "Sampit Expo" adalah kemacetan. Dengan lokasinya masuk ke dalam sini, kami harapkan situasi seperti itu tidak terjadi lagi," harap Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kotawaringin Timur (Kotim) Multazam di Sampit, Rabu.

Selama ini, "Sampit Expo" dan Pasar Rakyat dilaksanakan di kompleks Stadion 29 November Sampit yang letaknya tepat di sisi Jalan Tjilik Riwut. Akibatnya, kemacetan sering tidak bisa dihindari karena jalan yang merupakan bagian dari ruas jalan Trans Kalimantan Poros Selatan itu memang padat lalu lintas.

Tahun ini "Sampit Expo" digelar di halaman parkir wahana "Sampit Water Park". Lokasinya terletak di Perumahan Wengga Agung yang jaraknya sekitar dua kilometer masuk ke dalam dari Jalan Tjilik Riwut.

Lokasi ini diyakini bisa mencegah kemacetan seperti yang terjadi tahun-tahun sebelumnya. Selain tidak berada di jalan raya, di lokasi ini juga telah disiapkan lahan seluas 11 hektare untuk lokasi parkir sehingga diharapkan tidak ada lagi kendaraan diparkir di pinggir jalan menghambat kelancaran lalu lintas.

"Pungutan biaya parkir juga dilakukan satu pintu sehingga tarifnya sesuai yang ditetapkan pemerintah. Mudah-mudahan saja tidak ada lagi parkir liar bermunculan. Jalan juga sudah bagus, ada yang cor beton dan ada yang agregat," jelas Multazam.

Sebellumnya pada Rabu siang, Wakil Bupati HM Taufiq Mukri meninjau lokasi untuk memeriksa langsung persiapan di lapangan. Panitia meyakinkan persiapan akan tuntas sebelum acara pembukaan, paling lambat pada Sabtu pagi.

Terdapat 85 stan di lokasi expo dan sudah terisi penuh, sedangkan 129 tenda yang disiapkan di Pasar Rakyat sudah sekitar 70 persen terisi. Panitia masih membuka pendaftaran karena biasanya pendaftar cukup banyak pada hari-hari terakhir menjelang pembukaan.