Sukamara Raih Dua Gelar Juara Lomba Perpustakaan Kalteng

id sukamara, lomba perpustakaan kalteng, man 1 sukamara, bupati sukamara

Sukamara Raih Dua Gelar Juara Lomba Perpustakaan Kalteng

Bupati Sukamara H Ahmad Dirman saat menyerahkan piala Juara I lomba Perpustakaan kepada kepala MAN-1 Sukamara, Hj Badrayanti. (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antara Kalteng) - Kabupaten Sukamara berhasil meraih dua gelar juara yakni juara pertama untuk lomba perpustakaan sekolah tingkat SLTA dan juara kedua lomba perpustakaan desa kelurahan pada gelar lomba perpustakaan tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

"Pada lomba perpustakaan di Provinsi Kalimantan Tengah, Perpustakaan MAN 1 Sukamara meraih juara pertama akan mewakili Kalteng ke tingkat nasional, sedangkan untuk tingkat dDesa dan umum, Perpustakaan Desa Natai Kondang hanya meraih juara ke II," kata Kepala Kantor Perpustakaan Daerah dan Kearsipan Sukamara H Ahmad Lamsidi di Sukamara.

Menurutnya, untuk mengikuti kegiatan lomba perpustakaan tingkat nasional berbagai persiapan terus dilakukan seperti melengkapi berbagai fasilitas dan membenahi dokumen-dokumen yang diperlukan pihak provinsi maupun dokumen yang akan dikirim ke Panitia loma Nasional.

Selain itu pihak KPAD tetap melakukan koordinasi dan kemitraan dengan semua sekolah-sekolah dalam hal pengembangan pengelolaan perpustakaan sekolah sehingga nantinya semua sekolah bisa meningkatkan mengelola perpustakaan.

"Saat ini kita terus melakukan koordinasi dengan dengan berbagai pihak, baik dalam mempersiapkan perpustakaan MAN untuk mengikuti lomba, ataupun perpustakaan lainnya juga terus dilakukan pembinaan sehingga terus maju dan berkembang.

Sementara itu Kepala sekolah MAN 1 Sukamara Hj Badrayanti mengatakan dengan meraih juara I tentu sebuah kebanggaan tersendiri baik bagi sekolah maupun Kabupaten Sukamara. Sedangkan untuk mengikuti lomba perpustakaan tingkat nasional pihak sekolah terus melakukan koordinasi dengan pihak KPAD.

"Untuk menghadapi lomba perpustakaan tingkat nasional tentu berbagai persiapan harus dilakukan, dan tentu semuanya diperlukan bimbingan dan pembinaan oleh orang atau instansi yang lebih tahu yaitu Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Daerah. Kepada mereka kita terus koordinasi," ucap Badrayanti

"Kita berharap pada lomba perpustakaan tingkat nasional, Perpustakaan MAN-1 Sukamara dapat memberikan yang terbaik, baik bagi sekolah, Kabupaten Sukamara maupun Kalimantan Tengah," tambahnya.