132 Kafilah Barut Ikut MTQ Kalteng

id pemkab barut, MTQ Kalteng, Barut Ikut MTQ Kalteng Di Palangka Raya, 132 Kafilah Barut Ikut MTQ Kalteng

132 Kafilah Barut Ikut MTQ Kalteng

Sekda Pemkab Barito Utara, Jainal Abidin berfoto bersama dengan kafilah untuk mengikuti MTQ Kalteng di Palangka Raya yang dilepas di halamana kantor bupati di Muara Teweh, Selasa (24/5/2016). (FOTO ANTARA Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Sebanyak 132 orang kafilah Kabupaten Barito Utara dilepas untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran ke-28 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, di Palangka Raya, 26 Mei-3 Juni 2016.

"Kafilah Barito Utara (Barut) ini hendaknya dapat membawa makna tersendiri bagi kafilah maupun daerah," kata Pimpinan kafilah Barito Utara Robansyah di Muara Teweh, Rabu.

Pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tahun ini Barito Utara akan mengikuti enam cabang lomba yakni cabang tilawah dan tartil Al Quran, Tahfidz Quran, Khat/kaligrafi Al Quran, fahmil Quran, syarah Quran, dan cabang seni kasidah rebana.

Di samping kegiatan lomba, katanya, kafilah Barito Utara juga akan mengikuti kegiatan pameran dan lomba mobil hias serta pawai Taaruf sebelumnya pembukaan MTQ dilakukan.

"Kami mengharapkan pada MTQ ini Barito Utara meraih hasil yang terbaik untuk daerah," kata Robansyah.

Sementara Bupati Barito Utara, Nadalsyah melalui Sekretaris Daerah Pemkab Jainail Abidin saat melepas kafilah meminta kafilah menjaga kekompakan rombongan/kafilah dalam mengikuti kegiatan maupun selama kegiatan berlangsung.

"Peliharalah kesehatan kita semua terlebih para Qari, Qariah, Syarh Al Quran, Khat, Tafidz, Seni Rebana dan peserta lainnya yang akan bertanding," katanya.

Selain itu mari tunjukkan kesungguhan bertanding dan berlomba secara sehat, sportif dan konsekuen untuk meraih prestasi terbaik guna mendukung prestasi dan sukses penyelenggaraan MTQ tahun ini.

Bupati mengatakan, para kafilah yang banyak ini jangan pulang sebelum kegiatan berakhir. Kegiatan ini bukan piknik atau rekreasi. Beri semangat kepada peserta yang ikut lomba. Pulanglah bersama-sama sebagaimana berangkat bersama.

Dikatakannya, dipundak saudara terpikul tanggung jawab keberhasilan, kesuksesan, dan keselamatan kafilah Barito Utara selama keberangkatan sampai tiba di daerah kita, semoga Allah SWT selalu memberikan bimbingan kepada kita semua.

"Kepada pimpinan rombongan, saya titipkan kafilah Barito Utara untuk berlaga di arena kejuaraan MTQ ini," katanya.

Dia mengatakan, Al Quran telah memberi tuntunan kepada umat manusia untuk membangun kehidupan yang harmonis, menjaga toleransi, dan hidup dalam damai. Al Quran juga mengajarkan umat manusia saling mengenal, saling mengasihi, saling memberi maaf, dan tidak saling membenci. Al Quran mengajak manusia untuk bekerjasama dalam kebaikan dan ketaqwaan, bukan dalam kejahatan dan permusuhan.

"Pemahaman atas arti dan makna Al Quran secara lengkap dan utuh menjadikan kita semua, kaum muslimin dan muslimat, dapat menjalani kehidupan di dunia sesuai dengan tuntunan ilahi. Kita akan lebih mencintai sesama umat manusia, kita dapat membangun kehidupan yang rukun dan damai, serta kita pun dapat menjauhi segala bentuk permusuhan dan ketidakadilan," ujarnya.