Gubernur : Saya Ingin Masyarakat Kalteng Kaya

id Sugianto, pelantikan Gubernur Kalteng, Gubernur Sugianto, Saya Ingin Masyarakat Kalteng Kaya, Sugianto Sabran

Gubernur : Saya Ingin Masyarakat Kalteng Kaya

H Sugianto Sabran yang baru dilantik sebagai Gubernur Kalimantan Tengah mengelar ramah tamah dengan instansi terkait dan masyarakat Kalimantan Tengah di salah satu hotel Jakarta, Rabu (25/5/2016) malam. (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

...Kalteng belum kaya. Saya ingin masyarakat Kalteng kaya dari hasil potensi di daerah kita ini, bukan pejabatnya yang kaya. Saudara-saudara kita yang tinggal di hutan dan pinggir sungai, juga harus sejahtera,"
Jakarta (Antara Kalteng) - H Sugianto Sabran yang baru dilantik sebagai Gubernur Kalimantan Tengah, berjanji akan bekerja keras agar masyarakat di daerahnya kaya karena sumber daya alam yang melimpah namun belum dikelola maksimal.

"Kalteng kaya sumber daya alam, tapi Kalteng belum kaya. Saya ingin masyarakat Kalteng kaya dari hasil potensi di daerah kita ini, bukan pejabatnya yang kaya. Saudara-saudara kita yang tinggal di hutan dan pinggir sungai, juga harus sejahtera," kata Sugianto saat silaturahmi di salah satu hotel dengan masyarakat Kalimantan Tengah di Jakarta, Rabu malam.

Sugianto dan Habib H Said Ismail dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (25/5) di Istana Negara. Mereka terpilih dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur pada 27 Januari lalu mengalahkan saingan mereka yakni Willy Midle Yoseph dan HM Wahyudi K Anwar.

Sugianto meminta dukungan kepada semua pihak agar pemerintahan yang dipimpinnya dapat menjalankan amanah sesuai harapan masyarakat. Koordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah juga akan dijalin dengan baik agar saling mendukung dalam memajukan daerah.

Politikus yang pernah menjadi anggota DPR RI ini mengaku sudah siap menjalankan tugas. Bahkan selama menunggu pelantikan dirinya sebagai gubernur, Sugianto mengaku sudah banyak mempelajari APBD Kalimantan Tengah dan meminta informasi banyak pihak sebagai bahan sehingga dia bisa langsung bekerja setelah dilantik ini.

"Saya ingin nawacita yang diinginkan presiden, bisa kita wujudkan. Program pembangunan seperti peningkatan infrastruktur dan reformasi birokrasi akan terus kita pacu. Saya berharap para kepala dinas membantu kami menjalankan pembangunan untuk menuju Kalteng yang berkah, yaitu bermartabat, elok, religius, amanah dan harmonis," harap Sugianto.

Berbagai pekerjaan rumah di masa kepemimpinan pemerintahan sebelumnya, seperti penyelesaian Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi, bisa tuntas di masa kepemimpinannya ini. Sebagai mantan anggota Komisi IV DPR RI, Sugianto berharap komunikasinya yang masih terjalin baik dengan DPR RI dan pemerintah pusat, bisa memudahkan sinergitas dalam penyelesaian masalah ini.

Untuk mewujudkan pemerintahan yang bebas korupsi, kolusi dan nepotisme, Sugianto kembali menegaskan bahwa keluarganya tidak akan bermain proyek pemerintah. Dia juga memerintahkan pejabat untuk menolak jika ada kerabatnya yang mencoba ikut bermain proyek pemerintah.

Sugianto secara khusus juga menekankan pentingnya keamanan dan ketertiban masyarakat. Dia mengajak segenap elemen masyarakat bersatu membangun provinsi ini tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras dan antargolongan. Julukan Provinsi Kalimantan Tengah sebagai Bumi Pancasila harus benar-benar dimaknai dan diwujudkan dalam semangat persatuan dan kebersamaan.