Fahri: Calon Independen Sulit Dapat Legitimasi Rakyat

id Fahri Hamzah, Calon Independen, Sulit Dapat Legitimasi Rakyat, kpu, DPR

Fahri: Calon Independen Sulit Dapat Legitimasi Rakyat

Fahri Hamzah (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Tetapi kalau memang ada yang betul-betul fenomenal dan dipilih oleh rakyat banyak dan sebagainya, ya silakan saja disampaikan kepada KPU
Jakarta (Antara Kalteng) - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menilai tak mudah mendapatkan legitimasi langsung dari rakyat dan dia menganggap mereka yang maju sebagai calon independen dalam Pilkada sebagai orang yang percaya diri memiliki pendukung yang banyak. 

"Tentu tidak mudah karena mendapatkan legitimasi langsung dari rakyat itu. Yang maju sebagai calon independen itu kan percaya diri bahwa jumlah pendukungnya itu banyak," ujar dia di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa. 

Dia menyarankan KPU menyiasatinya dengan penyerahan dini terhadap data-data yang dimiliki sang calon.

Kendati begitu, Fahri secara pribadi mengaku tak keberatan bila nantinya benar-benar ada pihak yang mengajukan diri sebagai calon independen.

"Tetapi kalau memang ada yang betul-betul fenomenal dan dipilih oleh rakyat banyak dan sebagainya, ya silakan saja disampaikan kepada KPU," kata dia.

Fahri mengatakan, tren pemilu Indonesia ke depana berbasis pada pencalonan partai yang disebutnya upaya mendewasakan demokrasi di Indonesia.