Irman Gusman Berharap Pertumbuhan Ekonomi Kalteng Dipertahankan

id Irman Gusman Ke Kalteng, DPRD Kalteng, Kalteng, Kalimantan Tengah, Irman Gusman Berharap Pertumbuhan Ekonomi Kalteng Dipertahankan, Pertumbuhan Ekonom

Irman Gusman Berharap Pertumbuhan Ekonomi Kalteng Dipertahankan

Ketua DPD RI Irman Gusman (foto Humas Kalteng)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Irman Gusman berharap prestasi dan kemampuan Kalimantan Tengah dalam menjaga pertumbuhan ekonomi yang selalu diatas rata-rata nasional dapat dipertahankan dan dilanjutkan.

Ruang untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi tersebut tentunya harus lebih dimaksimalkan lagi, kata Gusman saat berkunjung dan memantau lokasi tanah pembangunan kantor perwakilan DPD RI yang dihibahkan Pemprov Kalteng, Palangka Raya, Jumat.

"Apabila hal itu dilakukan, maka prestasi yang telah dicapai pemerintahan sebelumnya tentunya tidak hanya dilanjutkan namun juga lebih ditingkatkan pemerintahan sekarang ini," tambahnya.

Walau mengapresiasi pertumbuhan ekonomi Kalteng, namun diingatkan agar percepatan pembangunan yang akan dilakukan Pemprov Kalteng di bawah kepemimpinan Sugianto Sabran bersama Habib Said Ismail tetap memperhatikan kualitasnya.

Dia mengatakan, pertumbuhan ekonomi yang mengacu pada kualitas akan berdampak pada menurunnya jumlah kemiskinan maupun pengangguran. Sebab, bila pertumbuhan ekonomi hanya mengarah pada sektor tertentu, khususnya pada perusahaan besar, maka hasilnya kurang dirasakan masyarakat.

"Jangan sampai karena mengejar pertumbuhan ekonomi, ada wilayah tertentu yang sangat kaya namun dikelilingi rakyat miskin. Ini ironi dalam pembangunan yang perlu diperhatikan dan diwaspadai," ucap Gusman.

Ketua DPD RI ini juga berkomitmen membantu Kalteng menyelesaikan permasalahan rencana tata ruang wilayah provinsi (RTRWP) yang sampai sekarang belum jelas dan sangat mengganggu upaya mempercepat pembangunan.

Dia mengatakan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) merupakan mantan Sekjen DPD serta memahami betul berbagai permasalahan kehutanan. Untuk itu, DPD RI bersama Pemprov Kalteng akan mengkomunikasikan permasalahan RTRWP tersebut.

"Kita ingin ketidakjelasan RTRWP ini terus menerus menjadi belenggu pembangunan di Kalteng. Saya bersama teman-teman di DPD RI sepakat mendukung dan menyelesaikan permasalahan mendasar yang dihadapi Kalteng," demikian Gusman.