Pelni: Animo Masyarakat Mudik Jalur Laut Tinggi

id Kotawaringin Timur, Sampit, Pelni, Animo Masyarakat Mudik Jalur Laut Tinggi, Pemudik, Jelang Ramadhan, Kepala Cabang Pelni, Lamson Ompusunggu

Pelni: Animo Masyarakat Mudik Jalur Laut Tinggi

Pemudik yang berangkat melalui Pelabuhan Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng, meningkat tajam. Pada Jumat (17/6) pagi, sebanyak 1.400 penumpang diberangkatkan menuju Surabaya menggunakan dua kapal. (FOTO ANTARA Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menyatakan animo masyarakat mudik lebaran jalur laut melalui pelabuhan, Sampit Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, cukup tinggi.

"Saya katakan animo masyarakat tinggi mudik melalui jalur laut karena beberapa keberangkatan untuk tujuan Surabaya dan Semarang sudah penuh, bahkan tiket yang tersedia telah habis terjual. Untuk itu kami mengajukan dispensasi penambahan jumlah penumpang kapal," kata Kepala Cabang Pelni Lamson Ompusunggu di Sampit, Senin.

Lamson mengungkapkan pemerintah telah mensetujui usulan dispensasi penambahan jumlah penumpang kapal tersebut dan saat ini pihaknya kembali membuka pembelian tiket mudik.

Dengan adanya dipensasi penambahan jumlah penumpang kapal tersebut diharapkan makin banyak pemudik yang bisa diangkut, namun tanpa mengabaikan faktor keselamatan dan kenyamanan.

"Dispensasi diberikan dan kami langsung memasarkan tiketnya sejak Kamis (16/6). sebelum ada dispensasi, tiket untuk keberangkatan kapal mulai H-7 sudah habis terjual. Dengan adanya dispensasi ini kami buka kembali penjualan tiketnya untuk mengisi tambahan kapasitas dari dispensasi itu," katanya.

Lebih lanjut Lamson mengatakan dispensasi penambahan daya angkut kapal yang diberikan pemerintah cukup beragam antara 50 sampai 70 persen kapasitas awal.

Kapal milik Pelni yang umumnya berukuran besar dan bisa mengangkut antara 1.500 hingga 1.600 penumpang dari batas maksimal awal yaitu antara 800 hingga 900 penumpang.

Tiket tambahan sudah mulai dibeli para calon pemudik dan diperkirakan semua tiket tambahan akan terjual habis karena tingginya animo masyarakat untuk mudik Lebaran.

"Dengan adanya dispensasi ini mudah-mudahan semua penumpang yang akan mudik lebaran tujuan Surabaya dan Semarang bisa terangkut," ucapnya.

Untuk melayani musim mudik lebaran 2016 PT Pelni mengoperasikan sedikitnya lima kapal di Sampit untuk tujuan Surabaya dan Semarang dengan total 13 keberangkatan terhitung mulai H-15.

Sedangkan PT Dharma Lautan Utama mengoperasikan dua kapal dengan jadwal delapan kali keberangkatan.