Legislator Imbau Warga Waspada Saat Mudik

id DPRD Palangka Raya, Palangka Raya, Palangkaraya, Warga Waspada Saat Mudik, Ramadhan, Pemudik, Nenie A Lambung

Legislator Imbau Warga Waspada Saat Mudik

Ilustrasi, Pemudik bersepeda motor. (ANTARA/Oky Lukmansyah)

Masyarakat yang mudik lebaran bisa lebih waspada lagi baik yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat...."
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap lebih waspada saat mudik lebaran Idul Fitri 1437 Hijriyah.

"Masyarakat yang mudik lebaran bisa lebih waspada lagi baik yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Sebelum berangkat pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan layak jalan baik ban, mesin dan sebagainya," kata Ketua Komisi B DPRD Palangka Raya, Nenie A Lambung di Palangka Raya, Senin.

Politisi PDI Perjuangan itu menambahkan, para pemudik harus ekstra hati-hati ketika berada di jalan. Apabila merasa lelah diperjalanan, lebih baik istirahat sejenak jangan memaksakan diri.

"Kami hanya tidak ingin para pemudik mengalami hal-hal yang tidak diinginkan, terlebih yang ingin pulang kampung bertemu sanak saudara dan orang tua. Biar pelan asal selamat sampai tujuan," kata Nenie.

Dia mengimbau pemudik sebelum meninggalkan rumah pastikan semua aliran listrik sudah aman dan tidak ada perangkat elektronik yang menyala serta jangan lupa untuk mencabut semua kabel peralatan seperti Televisi, AC, kulkas, komputer, kipas angin, dispenser dan sebagainya untuk menghindari arus pendek yang dapat mengakibatkan kebakaran.

"Bila meninggalkan rumah paling tidak titipkan rumah kepada keluarga atau tetangga yang tidak mudik dan jangan lupa untuk memberikan nomor telepon seluler yang bisa dihubungi apabila terjadi hal-hal dianggap darurat," jelasnya.

Apabila kondisi rumah sudah dirasa aman dari ancaman bahaya kebakaran serta pencurian, maka silahkan berkemas-kemas untuk melanjutkan perjalanan mudik lebaran.

Dia berharap masyarakat Kota Palangka Raya sebelum melakukan aktivitas mudik lebaran Idul Fitri, bisa melengkapi surat kendaraan dan memeriksa kembali kelengkapan kendaraan serta patuhi peraturan lalu lintas selama dalam perjalanan mudik.

Pihaknya juga mengingatkan untuk tidak berpesta secara berlebihan pada malam takbiran. Sebab disinilah resiko dan potensi kebakaran bisa terjadi akibat petasan atau kembang api. *