Wali Kota Minta Pelindo Bangun Rumah Singgah

id palangka raya, wali kota palangka raya, pelindo

Wali Kota Minta Pelindo Bangun Rumah Singgah

Direktur SDM dan Umum Pelindo III, Toto Heliyanto (kanan) saat memberikan cinderamata kepada Wali Kota Palangka Raya, HM Riban Satia pada kegiatan pasar murah di halaman Dinsosnaker, Palangka Raya, Jumat (24/6). (FOTO ANTARA Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Riban Satia meminta PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III turut membantu pembangunan rumah singgah di kota ini.

"Jika PT Pelindo ada program untuk pemerintah daerah dalam rangka berbagi dengan masyarakat serta program peningkatan kesejahteraan masyarakat kami berharap bisa membantu pembangunan rumah singgah," kata Riban di Palangka Raya, Jumat.

Riban mengatakan, rumah singgah ini penting untuk dimiliki karena mengingat fungsinya sebagai tempat menampung para gelandangan dan orang-orang yang sedang dalam pembinaan pemerintah kota terutama yang dalam penanganan Dinas Sosial dan Tenagakerja (Dinsosnaker).

Pernyataan itu diungkapkan Riban seusai acara pembukaan pasar murah yang diprakarsai oleh PT Pelindo III di halaman kantor Dinsosnaker "Kota Cantik" Palangka Raya.

Program pasar murah bertajuk BUMN Hadir untuk Negeri ini, untuk wilayah Kalimantan Tengah disediakan 14.000 paket sembako. Sementara untuk Palangka Raya mendapat jatah untuk 1.000 paket untuk warga kurang mampu.

"Harapan kami program terkait peningkatan kesejahteraan masyarakat juga dapat terbentuk fisik. Saat ini kami sangat memerlukan keberadaan rumah singgah. Karena berbagai keterbatasan yang dimiliki pemerintah kota juga belum memilikinya," kata wali kota dua periode ini.

Sementara itu, Direktur SDM dan Umum Pelindo III, Toto Heliyanto mengatakan bahwa pihaknya siap membantu program sosial kemasyarakatan yang digagas pemerintah termasuk pembangunan rumah singgah.

"Tadi disampaikan pak wali kota untuk program pembangunan rumah singgah. Tentunya sebagai BUMN kita akan memperhatikan itu. Kita juga membantu masyarakat melalui program bedah lingkungan. Nanti kita akan tunggu proposal dari pak wali kota," kata Toto.

Dia menambahkan bahwa pada 17 Agustus nanti, dalam rangka peringatan hari kemerdekaan, pihaknya juga akan melaksanakan program bedah rumah veteran.

"Pada Agustus juga ada program bedah rumah para veteran. Selain itu juga ada program siswa mengenal nusantara. 20 siswa terbaik Kalteng akan dikirim ke Bali untuk belajar budaya, pendidikan, kuliner termasuk pariwisata. Setelah pulang diharapkan apa yang didapat bisa diaplikasikan di daerah masing-masing," katanya.