Polres Kotim Antisipasi Delapan Titik Rawan Kemacetan

id Polres Kotim, Kotawaringin Timur, Sampit, Antisipasi Delapan Titik Rawan Kemacetan, AKBP Hendra Wirawan

Polres Kotim Antisipasi Delapan Titik Rawan Kemacetan

Kapolres Kotim, AKBP Hendra Wirawan (Istimewa)

...Kalau belum selesai menjelang arus mudik dan balik, kami akan menyiapkan petugas dari Polri bersama Dinas Perhubungan,"
Sampit (Antara Kalteng) - Kepolisian Resor Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah berupaya mengantisipasi potensi kemacetan di delapan titik di jalur lintas kabupaten yang menghubungkan Kotawaringin Timur dan Seruyan.

"Untuk jalur ini ada delapan titik pekerjaan perbaikan. Kalau belum selesai menjelang arus mudik dan balik, kami akan menyiapkan petugas dari Polri bersama Dinas Perhubungan," kata Kapolres Kotawaringin Timur (Kotim) AKBP Hendra Wirawan di Sampit, Jumat.

Hendra bersama jajarannya memantau kondisi Jalan HM Arsyad. Jalan berstatus jalan provinsi ini merupakan jalur padat karena akses utama menuju Pelabuhan Bagendang, objek wisata Pantai Ujung Pandaran serta jalan utama menuju Kabupaten Seruyan.

Saat arus mudik, ruas jalan ini dipastikan akan padat karena banyak digunakan pemudik, sementara rutinitas kendaraan berat menuju Pelabuhan Bagendang juga tetap berjalan. Usai lebaran, jalur ini biasanya dipadati wisatawan yang akan berwisata ke Pantai Ujung Pandaran.

Saat ini akibat perbaikan jalan di delapan titik itu, hanya separuh badan jalan yang bisa digunakan. Jika perbaikan belum rampung hingga saat arus mudik lebaran, dikhawatirkan akan memicu kemacetan panjang.

"Pemborong proyek menyatakan awal Juli nanti sudah bisa digunakan dua jalur. Makanya pengecekan ini kami lakukan untuk memastikan kondisi di lapangan supaya bisa kita antisipasi kemungkinan-kemungkinannya," ujar Hendra.

Untuk jalur mudik di sepanjang Jalan Trans Kalimantan Poros Selatan yang melintasi kabupaten ini, juga sudah dilakukan pemantauan. Titik-titik rawan kecelakaan dipasangi rambu-rambu untuk mengingatkan pengguna jalan agar lebih berhati-hati.

Ruas jalan Trans Kalimantan Poros Selatan membentang dari batas Kalimantan Selatan melintasi sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah hingga ke batas Kalimantan Barat. Jalan nasional ini cukup padat lalu lintas, apalagi saat arus mudik lebaran nanti.

Polres Kotim siap mengamankan arus mudik lebaran Idul Fitri 1437 Hijriyah. Pengamanan akan ditingkatkan mulai H-7 hingga H+7 lebaran nanti. Polisi mengimbau masyarakat lebih berhati-hati saat berkendaraan agar terhindar dari kecelakaan.