DPRD Ini Minta Para Pemudik Patuhi Rambu Lalu Lintas

id DPRD Kotawaringin Timur, pemudik, patuhi rambu lalu lintas, Para Pemudik Diminta Patuhi Rambu Lalu Lintas, Willian Novetra, DPRD Ini Minta Para Pemudi

DPRD Ini Minta Para Pemudik Patuhi Rambu Lalu Lintas

Menjelang hari raya Idul Fitri 1437 Hijriyah, makin banyak pemudik yang membawa kendaraan pribadi mereka menggunakan kapal di Pelabuhan Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (FOTO ANTARA Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Pemudik jalur darat yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat yang melintas Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah diminta mematuhi rambu lalu lintas.

Anggota Komisi II DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Willian Novetra di Sampit, Jumat mengatakan, dengan tertib berlalu lintas diharapkan bisa mengurangi angka kecelakaan.

"Arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan antar kabupaten saat ini sedang mengalami peningkatan akibat arus mudik, untuk itu pengguna jalan harus berhati-hati dan mematuhi rambu lalu lintas," tambahnya.

Selain harus mematuhi rambu lalu lintas, pemudik juga diminta untuk waspada karena di beberapa titik jalur mudik, seperti ruas jalan HM Arsyad, Jendeeal Sudirman dan jalan Tjilik Riwut rawan terjadi kecelakaan.

Ruas jalan tersebut rawan terjadi kecelakaan karena kondisi jalan berlubang dan sebagian lagi akibat tumpukan meterial proyek pembangunan peningkatan jalan.

"Pemudik harus selalu berkonsenterasi saat mengendarai kendaraan agar terhindar dari lubang dan tumpukan material," katanya.

Pemudik juga diminta untuk selalu menjaga stamina tubuh selama dalam perjalanan. Dan jangan paksakan mengendari kendaraan jika dalam keadaan capek dan mengantuk.

"Lebih baik istirahat jika capek atau mengantuk karena kondisi capek dan mengantuk dapat membahayakan keselamatan diri sendiri juga pengguna jalan lainnya. Salah satu pemicu terjadinya kecelakaan karena kondisi capek dan mengantuk yang dipaksakan mengendarai kendaraan," ucapnya.

Wilian juga meminta kepada kontraktor proyek untuk memasang rambu di setiap titik pekerjaan dan menyimpan meterial ditempat yang lebih aman agar tidak mengganggu pengguna jalan.

"Saya harap material proyek jangan ditumpuk di tengah jalan karena hal itu membahayakan pengguna jalan dan dapat memicu terjadinya kecelakaan," demikian William.