Dinkes Jamin Vaksin Di Kotawaringin Timur Asli

id Dinkes Kotim, Kotawaringin Timur, Vaksin Di Kotawaringin Timur Asli , Vaksin, pemkab kotim, bupati kotim, Faisal Novendra Cahyanto

Dinkes Jamin Vaksin Di Kotawaringin Timur Asli

Seorang bidan menunjukkan vaksin campak dan vaksin bcg yang asli di Puskesmas Kecamatan Sawah Besar, Jakarta, Selasa (28/6). Pemerintah menjamin pemberian vaksin di Posyandu, Puskesmas, dan Rumah Sakit Pemerintah menggunakan vaksin asli. (ANTARA FOT

Kita sangat yakin jika vaksin yang kita memiliki saat ini asli dan aman untuk dipergunakan,"
Sampit (Antara Kalteng) - Pemerintah melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah menjamin jika vaksin yang tersedia di daerah itu asli.

Kepala Dinas Kesehatan Kotawaringin Timur (Kotim) Faisal Novendra Cahyanto di Sampit, Sabtu mengatakan vaksin yang ada di seluruh Puskesmas dipesan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, dimana pengadaannya langsung oleh Kementerian Kesehatan sehingga sangat terjamin keaslian dan keamanannya.

Pernyataan itu disampaikan terkait beberapa jenis vaksin palsu yang ditemukan aparat kepolisian di sejumlah kota besar di Indonesia belum lama ini.

"Kita sangat yakin jika vaksin yang kita memiliki saat ini asli dan aman untuk dipergunakan," tambahnya.

Faisal mengimbau kepada masyarakat untuk tidak khawatir, selama vaksin tersebut dilakukan di rumah sakit umum daerah (RSUD) dr Murjani Sampit, dan Puskesmas maupun Puskesmas Pembantu.

"Untuk praktek swasta kita agar memesan vaksin melalui distributor resmi,sehingga terjaminkeasliannya," katanya.

Faisal mengatakan, meski dipastikan vaksin yang ada saat ini asli dan aman pihaknya tetap waspada akan beredarnya vaksin palsu tersebut.

"Waspada dalam artian disini adalah pemesanan harus sesuai dengan SOP. Dan pihak praktek swasta memesan melalui distributor resmi," ungkapnya.

Faisal menduga beredarnya vaksin palsu karena pemesanannya tidak melalui distributor resmi, dan tergiur harga yang murah.

Sementara itu, berdasarkan informasi ciri-ciri fisik vaksin palsu yang dapat diketahui oleh masyarakat antara lain, kemasan yang terlihat lebih kasar, nomor batch (kode produksi) tidak terlihat jelas dan rubber stopper (tutup viral) ada perbedaan warna dengan aslinya.

Cara lain untuk mengetahui vaksin tersebut asli atau palsu secara akurat dapat diketahui melalui uji laboratorium.