Dishub Barut Minta Pemudik Utamakan Keselamatan

id Dishub Barito Utara, Dishub Barut, Barito Utara, Pemudik Utamakan Keselamatan, Iwan Fikri

Dishub Barut Minta Pemudik Utamakan Keselamatan

Ilustrasi, Penumpang menaiki speedboat tujuan Muara Teweh - Puruk Cahu di pelabuhan terapung di Muara Teweh (FOTO ANTARA Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, mengingatkan kepada masyarakat yang akan mudik Lebaran 2016 menggunakan kendaraan bermotor mengutamakan keselamatan, waspada dan berhati-hati.

"Biasanya menjelang hari raya Idul Fitri banyak masyarakat yang melakukan arus mudik menggunakan jalan darat sehingga diminta berhati-hati guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Barito Utara (Barut), Iwan Fikri di Muara Teweh, Senin.

Menurut Iwan, bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan roda dua dalam arus mudik juga diimbau untuk selalu memperhatikan kelengkapan kendaraan, seperti SIM, STNK dan kelengkapan pengendara seperti menggunakan helm dengan standar SNI.

Selain itu bagi pengendara roda dua agar tidak membawa penumpang melebihi kapasitas kendaraan maksimal yakni tiga orang, yaitu dua orang dewasa plus satu anak balita. Jika melebihi sebaiknya agar menggunakan angkutan umum yang arahnya demi keselamatan jiwa.

"Jagalah keselamatan diri dalam melaksanakan arus mudik lebaran agar dapat selamat sampai ke tempat tujuan dan bisa berkumpul dan bersilaturahmi dengan sanak keluarga di kampung halaman," ujarnya didampingi Kabid Lalulintas Angkutan Jalan, Bikan.

Iwan mengatakan pihaknya juga akan melakukan pengawasan lalu lintas pada arus mudik lebaran ini, sesuai dengan fungsi dan tugas Dishubkominfo, hal ini demi terciptanya keselamatan dalam berlalu lintas di jalan raya.

Disamping itu dia minta kepada para pengusaha angkutan umum di wilayah Barito Utara, agar memberi arahan kepada para sopirnya untuk tetap memprioritaskan keselamatan, kenyamanan dan keamanan para penumpang dalam perjalanan.

Bagi sopir angkutan agar selalu mengecek kondisi kendaraan dan kelengkapan kendaraannya serta selalu memperhatikan rambu-rambu lalu lintas selama dalam perjalanan.

"Para sopir juga harus memperhatikan kondisi fisiknya (prima) sehingga dapat menjalankan tugas dan pelayanan dengan maksimal, khususnya terhadap para pengguna angkutan atau penumpang demi tercapainya keselamatan dalam arus mudik lebaran ini," kata Iwan.