BKKBN Kalteng Gelar Sahur "On The Road"

id BKKBN Kalteng, sahur the road, Kepala Bidang Keluarga Sejahtera Pemberdayaan Keluarga (KSPK), BKKBN Kalteng, Gusti Masnyah

BKKBN Kalteng Gelar Sahur "On The Road"

Kepala Bidang Keluarga Sejahtera Pemberdayaan Keluarga (KSPK), BKKBN Kalteng, Gusti Masnyah. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah akan menggelar sahur "on the road" di seputaran wilayah Kota Palangka Raya.

"Kami akan melakukan sahur "on the road" pada 28 dan 29 malam. Kita akan membagi nasi kotak kepada warga Palangka Raya yang kita jumpai termasuk satpam atau penjaga kantor yang bertugas," kata Kepala Bidang Keluarga Sejahtera Pemberdayaan Keluarga (KSPK), BKKBN Kalteng, Gusti Masnyah di Palangka Raya, Senin.

Gusti mengatakan, sahur ini dilakukan dalam rangka menjalin rasa solidaritas dan kepedulian antara sesama. Selain dari pegawai BKKBN akan turut bergabung sejumlah remaja dimana saat ini tengah mengikuti kegiatan pendidikan karakter.

"Jika buka bersama sudah banyak yang melakukan. Namun untuk sahur 'on the road' ini sangat jarang dilakukan. Kami perkirakan, kegiatan ini akan dimulai pukul 02.30 WIB hingga 03.30 WIB," kata Gusti.

Dia menerangkan, sahur "on the road" ini merupakan rangkaian acara Safari Ramadhan Genre 2016 dimana saat ini ada 150 remaja usia SD hingga mahasiswa tengah mengikuti acara pendidikan karakter yang digelar dari 27-28 Juni.

"Nantinya peserta pendidikan karakter, jika mau dan diberikan izin oleh orang tua akan berpartisipasi dalam sahur keliling ini. Acara ini selain dalam rangka berbagi juga sebagai ajang meningkatkan kepedulian," kata Gusti selaku ketua panitia pelaksana acara.

Selain itu, lanjut Gusti, kegiatan sahur "on the road" juga sebagai bentuk aplikasi dari materi yang didapat selama dua hari mengikuti pelatihan pendidikan karakter.

Kepala BKKBN Perwakilan Kalimantan Tengah, Endang Muniarti mengatakan bahwa pelatihan bertema "Pendidikan Karakter Anak Bangsa" ini merupakan rangkaian acara peringatan hari keluarga.

"Secara Nasional ini belum dilakukan namun untuk di Palangka Raya kita mendahului yakni pada 29 nanti. Namun, kita sudah merangkai acara itu dengan Festifal Ramadhan Genre 2016 yang didalamnya ada pendidikan karakter, sahur `on the road` dan festifal `fashion show` mulai 27 hingga 28 ini (Juni)," katanya.

Dia berharap melalui perayaan hari keluarga ini, masyarakat termasuk generasi muda semakin mengerti dan memahami makna sesungguhnya dari pentingnya perencanaan dalam membina hubungan berkeluarga.