Pengunjung di Plaza Beringin Buntok Meningkat

id barito selatanm plaza beringin buntok, Lebaran di buntok

Pengunjung di Plaza Beringin Buntok Meningkat

Plaza Beringin di Buntok, Barito Selatan. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Plaza Beringin Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah dalam seminggu terakhir menjelang Idul Fitri 1437 Hijriyah mengalami peningkatan.

Berdasarkan pantauan Antara, Kamis di Plaza Beringin Buntok, terlihat warga yang ingin membeli keperluan lebaran ramai, dan mengalami peningkatan signifikan dibanding dengan hari biasanya.

Jumlah sepeda motor yang terparkir di Plaza Beringin lebih banyak, akibatnya jalan didalam plaza tersebut menjadi bertambah sempit dan arus lalu lintas menjadi kian padat.

Pemandangan seperti itu tidak hanya terlihat pada saat siang hari, namun juga terlihat pada malam hari. Para pedagang yang berjualan pakaian maupun keperluan lainnya membuka tokonya hingga malam hari.

"Dalam seminggu terakhir ini jumlah pembeli yang membeli keperluan lebaran baik di Plaza Beringin, pasar sayur dan ikan (Saik) maupun di Gang Terowongan Buntok meningkat," kata Faizal salah seorang pedagang kain.

Ia mengatakan, banyak masyarakat yang datang berbelanja ke pasar membeli pakaian maupun keperluan lainnya untuk persiapan lebaran seperti minuman maupun makanan lainnya.

Pembeli yang datang tidak hanya masyarakat dari kota Buntok, melainkan masyarakat dari desa maupun pemudik yang hendak pulang ke kampung halamannya di sejumlah desa dienam kecamatan diwilayah Barsel.

Sementara arus mudik hingga di pelabuhan pasar lama maupun di pelabuhan pasar Beringin mulai mengalami peningkatan dari hari sebelumnya.

"Biasanya penumpang terisi hanya 17 sampai 20 orang, namun semenjak seminggu lalu kursi di taksi motor tersebut terisi antara 30-40 orang,"ucap salah seorang Juragan taksi kapal motor jurusan desa Babai, kecamatan Karau Kuala, Zainal.