Barito Utara Turunkan 113 Personel Amankan Mudik

id Barito Utara, Barut, Muara Teweh, DLLAJ, POM TNI-AD, Satpol PP, Dinas Kesehatan, AKBP Roy HM Sihombing

Barito Utara Turunkan 113 Personel Amankan Mudik

Bupati Barito Utara Nadalsyah didampingi Wakil Bupati Ompie Herby, Kapolres Barito Utara AKBP Roy HM Sihombing, Dandim 1013 Muara Teweh Letkol Inf Adhi Giri Ibrahim saat melakukan pengecekan kesiapan sarana dan prasarana pengamanan Hari Raya Idul Fit

Kami siap memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk kelancaran dan ketertiban Lebaran tahun ini,"
Muara Teweh (Antara Kalteng) - Jajaran Kepolisian Resor Barito Utara, Kalimantan Tengah, menurunkan 113 personel yang dibantu DLLAJ, POM TNI-AD, Satpol PP dan Dinas Kesehatan setempat untuk mengamankan arus mudik dan balik Idul Fitri 1437 Hijriah.

"Kami siap memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk kelancaran dan ketertiban Lebaran tahun ini," kata Kapolres Barito Utara AKBP Roy HM Sihombing usai acara gelar pasukan dengan inspektur upacara Bupati Barito Utara Nadalsyah di Muara Teweh, Kamis.

Personel keamanan dan petugas kesehatan itu akan ditempatkan di beberapa tempat yang rawan terjadi kemacetan, kecelakaan dan tindak kriminal di daerah ini.

Kegiatan pengamanan itu terutama di tempat ibadah, mobilitas angkutan manusia dan barang serta kegiatan lain di pusat keramaian masyarakat.

Dalam operasi pengamanan lebaran (Operasi Ramadniya Telabang 2016) mulai 30 Juni - 15 Juli 2016 ini pihaknya menempatkan petugas di empat pos pelayanan arus mudik, yang diharapkan dapat memberikan keamanan bagi warga yang bepergian keluar daerah dan sebaliknya dalam menyambut Idul Fitri 1437 Hijriah.

"Empat pos pelayanan itu di kawasan Pasar Barito Permai Muara Teweh, pos kawasan Jalan negara Muara Teweh-Banjarmasin kawasan Kelurahan Jingah Kecamatan Teweh Baru, Simpang Dermaga dan pos di kawasan Bundaran Buah (Bundaran Kodim)," katanya.

Pihaknya, kata Kapolres juga menyiapkan tempat bersantai dan beristirahat bagi masyarakat yang mudik (rest area) di masing-masing polsek yakni sebanyak 7 "rest area".

"Jadi masing-masing polsek memiliki 7 `rest area`, dan pos area terluas adalah ke arah Kabupaten Murung Raya yakni Pos Lahei, ke arah Banjarmasin Pos Kandui, di kota sendiri ada Pos di Polsek Teweh Tengah dan bagi warga ada yang mudik ke daerah perbatasan Kalimantan ada di Pos Gunung Purei," katanya.