DPRD Kalteng Dukung Betang Raya Jadi Ibu Kota Kotara

id DPRD Kalteng, Freddy Ering, kotara, kotawaringin utara

DPRD Kalteng Dukung Betang Raya Jadi Ibu Kota Kotara

Wakil Bupati Kotawaringin Timur, HM Taufiq Mukri memimpin rapat lanjutan persiapan pembentukan Kabupaten Kotawaringin Utara, Kamis (30/6/2016). Hadir anggota DPRD dan Pemerintah Proovinsi Kalimantan Tengah. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Palangka Raya (Antara  Kalteng) - Komisi A DPRD Kalimantan Tengah mendukung usulan Badan Pekerja Persiapan Pembentukan Kabupaten Kotawaringin Utara (Kotara) menjadikan Betang Raya Betang Raya sebagai ibukota Kabupaten yang akan dimekarkan tersebut.

Demi terealisasinya pemekaran Kotara dari Kabupaten Kotawaringin Timur diharapkan seluruh prosesnya sesuai prosedur yang telah ditetapkan pemerintah, kata Ketua Komisi A DPRD Kalteng Freddy Ering di Palangka Raya, Jumat.

"Berbagai persyaratan harus dilengkapi dengan baik, sehingga nantinya setelah sampai pada waktunya, apa yang menjadi keinginan masyarakat ini dapat terwujud tanpa adanya kendala," tambahnya.

Sebelumnya, Komisi A DPRD Kalteng bersama Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur serta Panitia BP3K Kotara mengadakan rapat dengar pendapat (RDP) terkait rencana pemekaran tersebut.

Wakil Bupati Kotawaringin Timur HM Taufiq Mukri dalam pertemuan tersebut mengaku juga mendukung penuh berbagai masukan yang diberikan pihak Pemprov Kalteng dan DPRD Kalteng dalam RDP tersebut. Dirinya berharap pemekaran menjadi sebuah daerah otonomi baru untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kita akan terus berupaya meyakinkan pemerintah provinsi dan pusat. Kami jajaran pemerintah kabupaten sudah bulat tekad menjadikan daerah pemilihan 5 itu sebagai Kotawaringin Utara, tinggal melengkapi persyaratan yang dibutuhkan," Mukri.

Sementara itu, perwakilan Badan BP3K Kotawaringin Utara Arifandi mengatakan, dalam penentuan tempat Ibukota Kabupaten Kotara nantinya telah disepakati bernama Betang Raya.

Di mana daerah ini nantinya akan mengakomodir beberapa kecamatan di wilayah Utara Kotim, diantaranya, wilayah Kecamatan Parenggean, Telaga Antang dan Mentaya Hulu.

"Untuk ibu kota Kabupaten, berdasarkan hasil musyawarah dan hasil penelitian dan kajian pihak akademis sudah disepakati untuk Ibukotanya nanti di Betang Raya, jadi tidak ada masalah," demikian Arifandi..