Bupati Kotim Ajak Masyarakat Antisipasi Teroris

id kotawaringin timur, bupati kotim, antisipasi teror

Bupati Kotim Ajak Masyarakat Antisipasi Teroris

Bupati Kotim, Supian Hadi (Istimewa)

Sampit (Antara Kalteng)  -  Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Supian Hadi mengajak masyarakatnya berpartisipasi mengantisipasi aksi terorisme berdalih agama.

"Kita jaga sama-sama kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) daerah Kalau ada yang mencurigakan, laporkan kepada aparat keamanan," kata Supian di Sampit, Rabu.

Ajakan ini disampaikan Supian menyikapi serangan bom bunuh diri yang seorang teroris yang menerobos halaman Markas Polresta Surakarta, Jateng, Selasan.

Kejadian tersebut seketika membuat seluruh daerah meningkatkan kewaspadaan.

Supian mengutuk keras aksi teroris yang menurutnya tidak sesuai dengan ajaran agama Islam. Agama Islam diyakininya tidak mengajarkan kekerasan terhadap siapa pun.

"Jihad yang sebenarnya itu adalah jihad melawan hawa nafsu. Kami berharap mereka yang mempunyai pemahaman salah tentang jihad, bisa kembali kepada jalan yang baik," harap Supian.

Untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat, Supian mengimbau masyarakat kembali mengaktifkan sistem keamanan lingkungan atau siskamling. Kewaspadaan semua pihak diharapkan dapat mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan.

Kotawaringin Timu, merupakan daerah yang sangat terbuka dan mudah diakses melalui jalur darat, laut dan udara, sehingga mungkin saja ada penjahatn yang berpikir menjadikannya sebagai tempat pelarian dan persembunyian. *