HUT Palangka Raya Dipimpin Langsung Gubernur Kalteng

id HUT Palangka Raya, Kalteng, Gubernur Kalteng, Wali Kota Palangaka Raya, Riban Satia, Sugianto Sabran

HUT Palangka Raya Dipimpin Langsung Gubernur Kalteng

Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran saat menjadi Pembina Upacara Peringatan HUT Pemerintah Kota Palangka Raya ke-51 dan HUT Kota Palangka Raya ke-59 di halaman kantor wali kota Palangka Raya, Senin (18/7). (FOTO ANTARA Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran pada Senin bertempat di halaman Kantor Wali Kota Palangka Raya memimpin upacara peringatan hari ulang tahun ke-59 Kota Palangka Raya ke-59 dan HUT ke-51 Pemerintah Kota Palangka Raya.

"Momentum peringatan hari jadi ini semoga bisa dimanfaatkan pemerintah kota dalam meningkatkan berbagai program pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat," kata Sugianto di Palangka Raya, Senin.

Pernyataan itu diungkapkan dia saat menjadi pembina upacara peringatan upacara HUT kota dan pemerintah Ibu Kota Provinsi Kalteng ini.

"Mengingat Palangka Raya juga sebagai wajah pemerintahan dan barometer pelaksanaan pembangunan di provinsi, maka sinergisitas yang terjalin antara pemerintah kota dan pemerintah provinsi juga semakin baik," katanya.

Dia menegaskan bahwa selama masa kepemimpinannya, pemerintah provinsi akan siap dan mengajak pemerintah kota mensinergikan setiap bentuk program yang disusun, baik berupa pembangunan atau pun program peningkatan kesejahteraan masyarakat lainnya.

Gubernur Kalteng yang baru saja menjabat itu juga meminta seluruh kepala daerah di wilayahnya serius melakukan pencegahan kebakaran lahan dan hutan.

"Bupati dan Wali Kota yang mendapati perusahaan di wilayahnya terbukti melakukan pembakaran harus menindak tegas. Jika ada warga atau pegawai yang juga terlibat berikan sanksi yang memberikan efek jera," katanya.

Sugianto mengatakan bahwa keseriusan ini diperlukan agar musibah kabut asap yang melanda Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai" dan "Bumi Pancasila" pada 2015 lalu tak terulang kembali.

Dia juga meminta seluruh masyarakat turut berpartisipasi aktif dalam melakukan pencegahan kebakaran lahan terlebih saat ini sudah memasuki musim kemarau.