Usia 14 Tahun, Sukamara Raih Berbagai Prestasi

id sukamara, bupati sukamara, dprd sukamara

Usia 14 Tahun, Sukamara Raih Berbagai Prestasi

Bupati Sukamara, Ahmad Dirman, menyerahkan potongan nasi tumpeng kepada Ketua Panitia Pembentukan Kabupaten Sukamara Basarudin dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Sukamara ke 14 di Aula DPRD Sukamara, Senin (18/7/2016). (Foto Antara Kalteng/Gusti

Sukamara (Antara Kalteng) - Sidang Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Sukamara ke-14 di Aula DPRD Sukamara, Senin (18/7/2016). Bupati Sukamara, H  Ahmad Dirman yang mengatakan di usianya ke-14 Kabupaten Sukamara meraih berbagai prestasi yang diberikan atas pelaksanaan pembangunan oleh Pemerintah Kabupaten Sukamara.

"Ada beberapa prestasi yang diberikan kepada Kabupaten Sukamara dalam melaksanakan pembangunan selama usia kabupaten Sukamara yang menginjak usianya 14 tahun ini," kata Dirman di Sukamara.

Dalam bidang pengelolaan keuangan Kabupaten Sukamara memiliki prestasi 4 kali secara berurutan mendapat opini WTP terhadap laporan keuangan daerah tersebut, dan ini membuktikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sukamara memiliki tekad dan komitmen yang tinggi untuk bekerja dengan sungguh-sungguh serta mendapat dukungan penuh dari DPRD Kabupaten Sukamara.

Menurutnya, dalam melaksanakan pembangunan bukan mengejar prestasi atau penghargaan saja seperti opini WTP, akan tetapi bagaimana pemerintah mengejar kualitas laporan keuangan berdasarkan manfaat bagi kesejahteraan rakyat.

Demikian pula terjadi peningkatan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sukamara ini yang dibuktikan dengan indikator penurunan angka kemiskinan, pengangguran dan peningkatan ekonomi masyarakat, tingkat pendidikan dan kesehatan, serta meningkatnya ketersediaan infrastruktur, "good and clean governance", dan peningkatan PAD.

Dirman juga mengungkapkan banyak prestasi lain yang diraih Kabupaten Sukamara selama 14 tahun ini, antara lain dalam bidang  pendidikan, Pemerintah Kabupaten Sukamara juga mendapat penghargaan dari Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia terhadap sekolah dengan indeks integritas tinggi pelaksanaan ujian nasional pada tahun pelajaran 2014/2015.

Dalam hal lingkungan hidup Pemerintah Kabupaten Sukamara juga telah mendapat penghargaan Adipura atas peningkatan kinerja dalam pengelolaan lingkungan hidup perkotaan  tahun 2014-2015 oleh Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia.

Di bidang keterbukaan terhadap pers sendiri di tahun 2016 ini Kabupaten Sukamara juga telah mendapat piagam penghargaan oleh Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat kepada Pemerintah Kabupaten Sukamara atas kerjasama dan keterbukaan terhadap insan pers.

"Dengan semua pencapaian prestasi ini kita akan terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Sukamara, sehingga apa yang menjadi misi dan visi pemerintahan kabupaten Sukamara akan segera terwujud," tegas Dirman.