Transaksi Selama Palangka Fair Capai Rp3 Miliar

id palangka raya, palangka fair, festival bantaran sungai, penutupan palangka fair, Transaksi Selama Palangka Fair Capai Rp3 Miliar

Transaksi Selama Palangka Fair Capai Rp3 Miliar

Penari saat melakukan pertunjukan dalam acara Penutupan Palangka Fair dan Festival Bantaran Sungai 2016 yang dilaksanakan di Kawasan Stadion Sanaman Mantikei, Sabtu malam (23/7). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Asisten Pemerintah Palangka Raya, Kalaimantan Tengah, Gunawan Abel mengatakan, transaksi selama pergelaran Palangka Fair 2016 pada 19-23 Juni mencapai Rp3 miliar.

"Jumlah transaksi Palangka Fair tahun ini lebih besar dari kegiatan serupa pada 2015 yang hanya mencapai Rp1,2 miliar," kata Gunawan yang juga Ketua Panitia Palangka Fair serta Festival Bantaran Sungai di Palangka Raya, Minggu.

Dia menambahkan bahwa estimasi transaksi tersebut juga dapat bertambah karena yang disampaikannya baru jumlah sampai sesaat sebelum acara penutupan usai. Sedangkan digerai-gerai pada Palangka Fair saat acara penutupan masih melangsungkan pameran dan transaksi.

"Jumlah tersebut berdasarkan hasil laporan tim di lapangan dari pembukaan hingga sebelum penutupan berlangsung. Jumlah tersebut belum termasuk hasil transaksi di luar stan yang kami sediakan seperti pasar rakyat, arena bermain dan transaksi para PKL yang berada di sekitar area kegiatan," kata dia.

Acara yang dilaksanakan dalam rangka peringatan HUT Pemerintah Kota Palangka Raya ke-51 dan HUT Kota Palangka Raya ke-59 itu diikuti 74 sebanyak peserta yang menempati gerai.

"Ada 74 stan yang ikut berpartisipasi dalam acara ini baik in door maupun out door. Selain itu juga ada sekitar 300 pelaku usaka kecil dan mikro yang turut merapaikan acara yang dilaksanakan di kawasan Stadion Samaman Mantikei ini," katanya.

Acara penutupan Palangka Fair dan Festival Bantaran Sungai yang dilaksanakan pada Sabtu (23/7) malam itu dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan seni dan tarian daerah.

Pada acara penutupan yang dihadiri Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio ini juga dilaksanakan dengan penyerahan tropi kepada Juara Umum Festival Bantaran Sungai yang mempertandingkan beberapa permainan dan budaya tradisional. Dalam hal ini juara umum diraih oleh tim Kecamatan Jekan Raya.