Legislator Ini Minta Pemkot Dorong UMKM Agar Jadi Penopang Perekonomian Daerah

id DPRD Palangka Raya, Abdul Hayie, UMKM, dorong umkm

Legislator Ini Minta Pemkot Dorong UMKM Agar Jadi Penopang Perekonomian Daerah

Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Abdul Hayie (FOTO ANTARA Kalteng/Rendhik Andika)

... kendala yang paling banyak dihadapi para pelaku UMKM dan IKM ini terkait keterbatasan modal yang dimiliki,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Abdul Hayie meminta pemerintah kota terus mendorong usaka mikro, kecil dan menengah serta industri kreatif sehingga mampu menopang perekonomian daerah.

"Ketika pertumbuhan industri kreatif, UMKM mampu menjadi tulang punggung ekonomi daerah, maka kita tidak takut lagi saat bersaing dengan kedatangan berbagai produk dari luar," katanya di Palangka Raya, Kamis.

Menurut politisi PPP itu, diantara upaya yang dapat dilakukan pemerintah kota ialah dengan peningkatan kapasitas pengusaha industri kreatif dan UMKM yang dapat berupa penanaman modal.

"Apalagi selama ini, kendala yang paling banyak dihadapi para pelaku UMKM dan IKM ini terkait keterbatasan modal yang dimiliki," katanya.

Selain itu, dia juga meminta pemerintah kota juga terus meningkatkan kapasitas sumber daya manusia pengelola usaha sehingga mampu berinovasi dan meningkatkan daya saing produk sesuai kebutuhan pasar.

"Pemerintah juga harus membantu dalam aspek pemasaran yang dalam hal ini dapat mengajarkan bagaimana cara melihat dan memanfaatkan peluang dipasaran," tambah wakil rakyat dari fraksi Gerindra ini.

Sementara itu, di sisi lain, Wali Kota Palangka Raya, Riban Satia juga meminta pelaku UMKM dan industri kreatif untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai media promosi dan meningkatkan daya saing.

"Perkembangan teknologi saat ini sangat luar biasa sehingga itu juga menjadi peluang pasar. Maka dari itu, pelaku UMKM juga mampu berinovasi dan memanfaatkan perkembangan ini sebagai basis strategi unggul dalam menghadapi persaingan global," katanya.

Selain itu, Riban juga mendorong para pelaku UMKM membangun kerja sama dalam bentuk promosi kemitraan guna meningkatkan pangsa pasar atas berbagai produk yang dihasilkan.

"Diantara dukungan yang diberikan pemerintah kota terhadap para pelaku usaha ini ialah dengan memastikan produk yang dihasilkan memehuni standar permintaan pasar sehingga nantinya dapat dipasarkan di toko-toko modern serta dipajang di tempat strategis lain seperti bandara dan hotel," katanya.