Gelar Aksi Sapta Pesona dan Bangun Wisata di Kobar

id kotawaringin barat, wisata di kobar, disbudpar kalteng, bupati kobar

Gelar Aksi Sapta Pesona dan Bangun Wisata di Kobar

Kepala Disbudpar Provinsi Kalimantan Tengah Yuel Tenggara dan Bupati Kotawaringin Barat Bambang Purwanto menanam bersama dalam aksi Sapta Pesona di taman samping Kantor Disbudpar Kobar, Minggu. (Foto Alfa)

Pangkalan Bun (Antara Kalteng) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar aksi Sapta Pesona yang dipusatkan di taman samping Kantor Disbudpar Kobar.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Disbudpar Provinsi Kalimantan Tengah Yuel Tenggara, Bupati Kotawaringin Barat Bambang Purwanto beserta unsur Muspida.

Gerakan Aksi Sapta Pesona yang dilaksanakan hari Minggu (31/07) merupakan salah satu wujud sinergitas semua unsur yang menandai kesiapan pemerintah, swasta, serta masyarakat dalam mewujudkan pembangunan pariwisata di Kotawaringin Barat.

Bupati Kotawaringin Barat, Bambang Purwanto dalam pidatonya mengatakan, Kobar memiliki banyak tempat wisata yang kaya akan pesona alam dan budaya, untuk itu perlu dukungan dari berbagai pihak agar terus terjaga dan menjadi wisata andalan yang berkelanjutan.

"Pembangunan sektor kepariwisataan harus didukung oleh semua unsur baik pemerintah, pihak swasta, dan masyarakat. Unsur ini idealnya harus terus ditingkatkan demi terwujudnya pembangunan  kepariwisataan yang berkelanjutan," Kata Bambang.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Tuel Tenggara mengatakan bahwa kegiatan ini sengaja digelar untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat terutama warga Kobar agar menjaga tempat wisata yang menjadi daya tarik bagi wisatawan dengan menerapkan 7 poin dalam Sapta Pesona yaitu Aman, Tertib, Tersih, Sejuk, Indah, Ramah, Kenangan.

"Kegiatan Ini merupakan pesan kita kepada masyarakat luas untuk mampu bertindak dan mewujudkan sapta pesona dalam kehidupan sehari-hari, seperti tadi diketahui ada sapta pesona kita, kalau sudah 7 unsur ini terwujud kita yakin bahwa destinasi kita semakin banyak dikunjungi," kata Yuel saat dikonfirmasi usai kegiatan.

Yuel juga berharap besar seluruh kabupaten yang ada di Kalimantan Tengah terus menggalakkan kegiatan Sapta Pesona ini secara berkala tiap tahun.

"Mengingat ini adalah ujung tombak dalam rangka kita memberikan pelayanan kepada wisatawan secara langsung nanti kalau kita sudah terapkan Sapta Pesona ini wisatawan akan lebih banyak dan mereka merasakan manfaat pelayanan kita dan ini secara langsung akan menambah income. Dan efeknya akan dirasakan oleh masyarakat, pelaku usaha pariwisata dan juga pemerintah," lanjutnya.

Kegiatan Gelar Aksi Sadar Pesona kali ini juga diikuti berbagai peserta dari yang terdiri dari pemerintah, pihak swasta, pelajar, dan sejumlah organisasi yang bergerak di bidang pariwisata yang ada di Kobar. 

Acara diisi dengan kegiatan penyerahan bantuan alat kebersihan secara simbolis kepada masyarakat, menanam pohon bersama, serta gotong royong membersihkan taman.