Kemenkominfo Siapkan JPP Untuk Sebarkan Informasi Terpercaya

id kemenkominfo, jaring pemberitaan pemberintah, informasi pemerintah yang tepercaya

Kemenkominfo Siapkan JPP Untuk Sebarkan Informasi Terpercaya

Kemenkominfo (ANTARA News/Handry Musa)

Jakarta (Antara Kalteng) - Kementerian Komunikasi dan Informatika sedang menyiapkan jaring pemberitaan pemerintah (JPP) untuk menyebarkan informasi pemerintah yang kredibel dan terpercaya dan mampu menjangkau seluruh kalangan masyarakat.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatik Rosarita Niken Widiastuti menyampaikan hal itu dalam Forum Silaturahim dengan humas kementerian dan lembaga serta media di Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu.

Niken mengatakan, JPP diharapkan mampu memberikan informasi kredibel sehingga membuat kepercayaan publik terhadap pemerintah akan meningkat dan juga meningkatkan citra positif bangsa di dunia internasional.

Selain itu, JPP juga diharapkan dapat meningkatkan koordinasi antar kementerian dan lembaga dan daerah, sehingga dapat mengurai masalah dan  masalah pemerintahan dengan lebih cepat.

Dirjen Niken mengatakan, guna mewujudkan JPP tersebut pihaknya sedang membangun 'newsroom' untuk menggodok berbagai informasi pemerintah dari seluruh kementerian dan lembaga, yang nantinya akan disebarkan ke publik.

"Newsroom ini nantinya akan menjadi dapur untuk mengolah informasi melalui JPP," katanya.

Untuk itu, menurut dia, koordinasi guna memperoleh informasi dan data dengan berbagai kementerian dan lembaga dalam memberikan informasi menjadi penting.

Hal ini, menurut dia, telah dijembatani dengan adanya Inpres No 9/2015 mengenai Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Kepada Publik.