Tergolong Kabupaten Tertinggal, Gubernur Diminta Lebih Perhatikan Pembangunan Seruyan

id Seruyan, Kuala Pembuang, Tergolong Kabupaten Tertinggal, Gubernur Kalteng, Diminta Lebih Perhatikan Pembangunan Seruyan, Sudarsono

Tergolong Kabupaten Tertinggal, Gubernur Diminta Lebih Perhatikan Pembangunan Seruyan

Bupati Seruyan Sudarsono. (Istimiewa)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran diharapkan memperhatikan kemajuan pembangunan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Seruyan yang dimekarkan 14 tahun silam.

"Seruyan merupakan satu-satunya kabupaten di Kalimantan Tengah (Kalteng) yang tergolong tertinggal di Indonesia. Jadi wajar gubernur memberi perhatian terhadap kemajuan pembangunan di kabupaten Seruyan," kata Bupati Seruyan Sudarsono di Kuala Pembuang, Jumat.

Di mengatakan, pelaksanaan pembangun di Seruyan tidak mudah dilakukan. Kondisi di lapangan yang sulit, terbatasnya infrastruktur membuat biaya pembangunan yang dibutuhkan menjadi lebih besar jika dibandingkan dengan kabupaten lain di Kalteng.

"Sementara anggaran daerah kita sekarang ini masih sangat terbatas, jadi wajar jika kita berharap gubernur lebih memperhatikan pembangunan Seruyan," katanya.

Dia mmengattanan, secara politik daerah berjuluk "Bumi Gawi Hatantiring" juga harus mendapatkan perhatian lebih dibandingkan kabupaten lain Kalteng, karena Seruyan tercatat sebagai salah kabupaten yang menyumbangkan suara cukup banyak untuk pasangan Sugianto Sabran-Habib Said Ismail dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng.

"Jadi wajar pula apabila pembangunan untuk masyarakat Seruyan mendapat perhatian lebih jika dibandingkan kabupaten lain," katanya.

Ia menambahkan, pembangunan Seruyan harus lebih diperhatikan, karena masyarakat Seruyan memilki hubungan emosional yang kuat dengan orang nomor satu di "Bumi Tambun Bungai".

"Seruyan perlu mendapat perhatian oleh gubernur, karena Seruyan merupakan tempat kelahiran gubernur," katanya.

Sebagaimana dijadwalkan, pada Sabtu (6/8), Gubernur Kalteng Sugianto Sabran beserta rombongan akan melakukan peninjauan ke sejumlah proyek strategis di Seruyan.

Diharapkan, setelah berkunjung maka gubernur dapat memprioritaskan pembangunan di Seruyan. Salah satu cara mengalokasikan anggaran untuk mempercepat penyelesaian proyek strategis, dan membantu memperjuangkan pembangunan Seruyan di tingkat pusat.