153 Napi Terima Remisi, Satu Napi Langsung Bebas Di Hari Kemerdekaan RI

id Barito Utara, napi, remisi, muara teweh, 153 napi lapas muara teweh dapat remisi, lapas muara teweh, lapas, buapti barito utara

153 Napi Terima Remisi, Satu Napi Langsung Bebas Di Hari Kemerdekaan RI

Bupati Barito Utara Nadalsyah didampingi Kalapas Klas IIB Muara Teweh M Yahya menyerahkan remisi kepada warga binaan LP Klas IIB Muara Teweh usai peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 71 di Stadion Swakarya Muara Teweh, Rabu (17/8). (Foto Antara Kalteng/

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Sebanyak 153 narapidana penghuni Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah mendapat pengurangan masa pidana (remisi) hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2016.

"Dalam pemberian remisi itu ada satu napi yang langsung bebas setelah di potong masa tahanan," kata Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Muara Teweh, Mohamad Yahya, Selasa.

Menurut Yahya, para narapidana yang mendapat remisi umum I dan umum II dari Kementerian Hukum dan HAM RI bervairiasi dan pengurangan masa hukuman yang berveriasi juga.

Narapidana yang mendapat remisi itu untuk remisi umum I sebanyak 120 orang, remisi umum II ada satu orang, tindak pidana terkait pasal 34 A ayat (1) peraturan pemerintah Nomor 99 tahun 2012 tentang remisi ada 30 orang dan tindak pidana terkait pasal 34 A ayat (3) PP Nomor 28 tahun 2006 ada dua orang.

"Secara simbolis penyerahan remisi umum akan dilakukan oleh Bupati Barito Utara Nadalsyah, kepada warga binaan LP kelas II B Muara Teweh atas nama Menteri Hukum dan HAM RI tahun ini pada HUT ke 71 Rabu (17/8)," kata Kalapas Yahya.

Sementara pada peringatan hari Kemerdekaan RI itu yang biasanya di gelar di arena terbuka Tiara Batara Muara Teweh yang berada di kawasan kantor bupati setempat, namun tahun 2016 ini dilaksanakan di Stadion Swakarya Muara Teweh dengan inspektur upacara oleh Bupati Barito Utara, Nadalsyah.

Stadion olahraga yang menjadi kebanggaan masyarakat Barito Utara ini akan beralih fungi untuk sementara waktu menjadi lokasi upacara hari kemerdekaan.

"Saat ini seluruh fasilitas untuk upacara pengibaran bendera merah putih sudah selesai di bangun dan siap sebagai tempat peringatan hari Kemerdekaan," kata Kabag Humas dan Protokol Pemkab Barito Utara, M Iman Topik.