Momen HUT RI Sebagai Evaluasi Sumbangsih ke Bangsa Indonesia, Kata Bupati Sukamara

id sukamara, bupati sukamara, upacara bendera HUT RI kabupaten sukamara

Momen HUT RI Sebagai Evaluasi Sumbangsih ke Bangsa Indonesia, Kata Bupati Sukamara

Bupati Sukamara H Ahmad Dirman menyerahkan Bendera Merah Putih kepada pembawa baki, Nora Calsia Satriani pelajar SMAN-1 Sukamara untuk dikibarkan dalam upacara HUT ke-71 RI di Sukamara, Rabu. (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antara Kalteng) - Pelaksanaan upacara bendera HUT ke-71 RI tahun 2016 Kabupaten Sukamara berlangsung lancar dengan inspektur upacara Bupati Sukamara, H Ahmad Dirman. Ia mengatakan pelaksanaan upacara harus menjadi momentum untuk melakukan evaluasi sebagai warga negara tentang apa yang telah disumbangkan bagi bangsa Indonesia. 

"Tentunya apa yang kita perbuat positif dan apa yang telah dilakukan sesuai dengan bidangnya masing-masing sebagai masyarakat, karena dalam mengisi pembangunan kita sudah memiliki bidang tugas masing-masing," kata Dirman.

Menurutnya, apa yang dikerjakan selama ini, secara tidak langsung sudah ikut berbuat dalam menyumbang pembangunan bagi NKRI, dimana Pemerintah Kabupaten Sukamara terus mempercepat lagi membangun Sukamara. Namun masyarakat juga harus ikut bersama-sama dalam pembangunan ini, agar Kabupaten Sukamara bisa sejajar dengan Kabupaten lain yang sudah maju.

"Kita ingin agar lebih maju, karena pembangunan yang kita lakukan dari tahun ke tahun ini tujuannya agar Sukamara lebih maju di semua bidang dan juga masyarakat ikut menyesuaikan diri dengan pemerintah bersama-sama membangun Sukamara untuk mandiri, maju dan lebih sejahtera," ujar Dirman.

Saat disinggung mengenai berkurangnya rasa nasionalisme di kalangan masyarakat, seperti adanya masyarakat yang tidak memasang bendera di depan rumahnya, Dirman mengatakan sebagai warga harus saling mengingatkan dan menjadi perhatian pemerintah pada tahun-tahun berikutnya.

"Ini merupakan tugas kita untuk saling mengingatkan, dan akan menjadi perhatian pemerintah untuk pelaksanaan tahun-tahun ked epan, dan kita juga akan memberikan imbauan sebelum memasuki bulan Agustus," terang Dirman.

Untuk diketahui dalam rangkaian kegiatan HUT Proklamasi ke- 71 RI, selain upacara pengibaran bendera, Bupati Sukamara serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah melanjutkan dengan ziarah dan tabur Bunga di Makam Pahlawan Bumi Loka Sukamara yang dipimpin oleh Kepala Kejaksaan Negeri Sukamara, Stanley Yos Bukara, SH, dilanjutkan acara resepsi kenegaraan.