Salut! Pemkab Ini Siapkan 5.500 Beasiswa Bagi Siswa Tak Mampu

id Barito Selatan, Pemkab Barito Selatan, beasiswa bagi siswa tak mampu, Farid Yusran, beasiswa

Salut! Pemkab Ini Siapkan 5.500 Beasiswa Bagi Siswa Tak Mampu

Bupati Barsel, HM Farid Yusran (kiri) menyerahkan piagam penghargaan kepada siswa berprestasi di desa Muara Ripung, Kecamatan Dusun Selatan, Jumat (5/8/2016). (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

...dalam upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia, pemerintah kabupaten (Pemkab) Barsel telah menyiapkan sebanyak 5.500 beasiswa bagi mereka yang tidak mampu di daerah ini.
Buntok (Antara Kalteng) - Siswa-siswi sekolah dasar hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Atas di kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah diberikan piagam penghargaan dari pemerintah daerah itu.

"Penghargaan yang diberikan ini untuk menambah motivasi bagi siswa berprestasi agar terus berprestasi," kata Bupati Barito Selatan M Farid Yusran di Buntok, Selasa.

Piagam penghargaan ini diberikan dalam upaya menambah motivasi bagi mereka yang belum meraih prestasi supaya lebih giat dalam belajar.

"Meski belum meraih berprestasi akan tetapi selisih nilainya dengan mereka berprestasi sedikit saja," tambah Bupati Barsel.

Dengan demikian akan terjadi persaingan yang ketat dalam meraih prestasi di sekolahnya masing-masing dan pihaknya akan memberi bantuan dana bagi siswa siswi SD hingga SLTA yang berprestasi tersebut.

Farid Yusran mengatakan, dalam upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia, pemerintah kabupaten (Pemkab) Barsel telah menyiapkan sebanyak 5.500 beasiswa bagi mereka yang tidak mampu di daerah ini.

"Bagi murid SD diberikan beasiswa miskin Rp600 ribu/orang, siswa SLTP Rp800 ribu/orang dan pelajar SLTA Rp1 juta/orang," tambah dia.

Selain itu, pemerintah juga telah menyiapkan beasiswa berprestasi bagi siswa siswi yang melanjutkan ke jenjang Strata 1 (S-1). Beasiswa akan diberikan bagi yang melanjutkan pendidikan ke fakultas kedokteran di Universitas Palangka Raya (Unpar).

Dalam setiap tahun, tiga orang siswa siswi Barsel yang berprestasi mendapatkan beasiswa masuk Unpar.

Pemerintah juga memberikan beasiswa bagi mereka yang masuk fakultas pertanian, perkebunan, pertambangan dan bidang lainnya yang diperlukan pemerintah kabupaten (Pemkab) Barsel.

"Kita telah bekerja sama dengan Universitas lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Universitas Muhammadiyah (UMP) Palangka Raya," tambah Bupati.

Beasiswa tidak hanya diberikan kepada mereka yang meneruskan ke jenjang S1 akan tetapi juga diberikan kepada mereka yang ingin meneruskan ke jenjang Strata II dan Strata III.

"Selain memberikan beasiswa, kita juga memberikan bantuan bagi mahasiswa yang tidak mendapatkan beasiswa rutin seperti mahasiswa semester akhir yang ingin melakukan penelitian dan penyusunan skripsi," ujarnya.

Bantuan beasiswa yang diberikan ini merupakan salah satu program yang tertuang dalam sapta program pembangunan Barsel dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

"Dengan adanya program ini diharapkan SDM generasi muda Barsel kedepannya dapat lebih meningkat lagi," demikian Farid Yusran.