Beras Petani Sedang Melimpah, Wabup Ini Minta Pejabat Beli Beras Petani Lokal

id Seruyan, Wabup Seruyan, Beras Lokal, Yulhaidir, Beras Petani Sedang Melimpah, Wabup Ini Minta Pejabat Beli Beras Petani Lokal

Beras Petani Sedang Melimpah, Wabup Ini Minta Pejabat Beli Beras Petani Lokal

Wakil Bupati Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah Yulhaidir (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Wakil Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Yulhaidir meminta pejabat untuk membeli beras lokal yang dihasilkan oleh petani di kabupaten tersebut.

"Saat ini produksi beras petani sedang melimpah, dan salah satu langkah pemerintah yang dapat diambil agar beras tersebut terserap pasar adalah dengan meminta para pejabat untuk membeli beras dari petani lokal," kata Yulhaidir di Kuala Pembuang, Rabu.

Bahkan dalam waktu dekat, Yulhaidir akan menyusun kebijakan yang mewajibkan pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan untuk membeli beras dari petani lokal setiap bulannya.

"Dalam waktu dekat kita akan mengundang seluruh kepala dinas untuk membahas masalah ini, kita ingin lihat responnya seperti apa," katanya.

Mantan Anggota DPRD Seruyan ini menjelaskan, apabila kebijakan tersebut disetujui, maka para pejabat di 'Bumi Gawi Hatantiring' akan diwajibkan membeli beras dari petani lokal dengan jumlah yang bervariasi setiap bulannya.

Mulai dari kepala daerah, yakni bupati dan wakil bupati diwajibkan membeli beras lokal sebanyak 100 kilogram per bulan, kemudian disusul pejabat eselon II sebanyak 50 kilogram per bulan, pejabat eselon III sebanyak 30 kilogram per bulan, dan pejabat eselon IV sebanyak 20 kilogram per bulan.

"Itu berat minimal yang harus dibeli, kalau lebih tidak masalah, dan untuk staff jumlahnya terserah yang penting mereka juga beli beras lokal," katanya.

Menurutnya, apabila kebijakan tersebut benar-benar terwujud dan berjalan dengan baik, maka jumlah beras yang dapat dipasarkan di lingkungan Pemkab Seruyan bisa mencapai 10 ton lebih setiap bulannya.

"Setelah kita menciptakan pasar ini, tinggal nanti petani dibina agar menjaga kualitas dan timbangan beras yang dijual sehingga tidak kalah bersaing dengan beras luar daerah yang selama ini di pasarkan di Seruyan," katanya.